Hasilkan Foto Bernilai Jurnalistik, Kementerian Kominfo Selenggarakan JARKOM Seri Fotografi

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan kegiatan Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) Seri Fotografi, untuk meningkatkan kemampuan pengelola media center daerah dalam menghasilkan foto-foto bernilai jurnalistik di Bandung (3/8/2023).

Direktorat Pengelola Media Kemenkominfo, Nursodik Gunarjo menjelaskan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pengelola media center daam meningkatkan skill.

“Dengan pelatihan ini, jurnalis akan mampu meningkatkan kemampuan pengelola media center di daerah dengan menghasilkan foto yang berkualitas dan bernilai jurnalistik,” ucap Nursodik.

Lebih lanjut diutarakannya, pelatihan ini akan bersifat lebih praktek dan bagaimana cara mengambil momen yang bagus.

“Hari ini kita akan banyak praktek, karena fotografi itu harus terus praktek sehingga dapat meningkatkan skill,” tutur Nursodik.

Dijelaskannya, fotografer pemerintah kebanyakan mengambil foto seremoni yang sudah terlalu biasa, salah satunya foto memukul gong ataupun memotong pita.

Lalu untuk foto yang bagus, dicontohkannya ketika saat momen pertemuan G20 dilaksanakan 20-22 Juli 2022 yang lalu. Pada saat itu, dari dalam negeri maupun luar negeri, infografis maupun berita tidak banyak mengakses, justru lebih banyak mengakses foto ketika Presiden RI mengajak Pemimpin ASEAN naik Kapal Pinisi di Labuan Bajo.

“Foto tersebut sangat banyak diakses dari dalam negeri dan luar negeri. Ini bukti bahwa foto yang bagus dapat menarik minat banyak orang untuk melihat,” ujar Nursodik.

Maka dari itu, Ia berharap, para peserta JARKOM tidak hanya mendapatkan foto yang memiliki peristiwa baik, tapi juga mendapatkan foto yang berseni.

“Dari pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat foto yang memiliki nilai seni dan bernilai jurnalistik, sehingga foto yang dihasilkan enak untuk dilihat,” tutup Nursodik. MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai