Tingkatkan Potensi Pemuda, Dispora Gelar Seleksi dan Pembekalan PPAN dan PPAP

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar seleksi dan pembekalan pertukaran antar pemuda di hotel berbintang Banjarmasin, Rabu (11/5/2022). MC Kalsel/tgh

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar seleksi dan pembekalan pertukaran pemuda Indonesia Korea (PPIKOR), Indonesia Jepang The Ship  For Shoutheast Youth Program (SSEAYP) dan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP).

Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah mengatakan pembinaan dan pengembangan kepemudaan yang dilaksanakan melalui program PPAN dan PPAP merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas generasi muda, memperluas wawasan dan pengetahuan, pengembangan sikap kepemimpinan, disiplin tekad dan semangat yang kuat, serta menumbuhkan sikap tanggap terhadap setiap tantangan masa Kini dan masa depan.

“Jadi program PPAN dan PPAP ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah sekaligus potensi pemuda Nasional melalui kerjasama internasional,” kata Hermansyah, di Banjarmasin, Rabu (11/5/2022).

Oleh karena itu, diharapkan kepada peserta seleksi agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan panitia dengan tekun dan sungguh-sungguh, karena seleksi ini sebagai upaya pembinaan dan memberikan makna bagi keberhasilan pencapaian menuju peningkatan kualitas SDM.

“Sedangkan panitia seleksi dan tim penguji  dalam melaksanakan tugas, hendaknya lebih cermat dan profesional agar dapat memberikan hasil yang terbaik, sehingga terlihat peserta yang benar-benar yang terbaik dan patut untuk mengikuti program pertukaran ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Tenaga dan Sumber Daya Pmuda Dispora kalsel, Aridah Riswati mengatakan tujuan program PPAN dan PPAP tahun ini, merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah, sekaligus pemuda Nasional melalui kerja sama Internasional.

“Program ini bisa menguatkan rasa nasionalis pemuda kita, bahkan mereka juga nantinya akan siap menjadi pemimpin untuk daerahnya,” katanya

Untuk itu, Dispora Kalsel melaksanakan seleksi PPAN dengan jumlah peserta 38 orang dan PPAP 21 peserta selama tiga hari yang akan dipilih dua orang peserta terbaik, satu putra dan satu putri. 

“Nanti dari dua orang yang terpilih akan bergabung di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Mereka akan disebar di negara yang sudah ditetapkan yaitu Jepang dan Korea sedangkan untuk PPAP disebar di beberapa wilayah di Indonesia,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai