Wujudkan Ketahanan Keluarga Melalui PKK

(dari kiri ke kanan) Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Raudhatul Jannah Sahbirin, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Suparno menghadiri Bimbingan Teknis Pangan, Sandang dan Tata Laksana Rumah Tangga yang diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Kalsel di Hotel Banjarmasin Internasional, Selasa (17/9/2019). MC Kalsel/Ar

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) selama ini harus fokus untuk mewujudkan ketahanan keluarga karena tanpa keluarga yang sejahtera maka tidak akan bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, Bimbingan Teknis (Bimtek) Pangan, Sandang dan Tata Laksana Rumah Tangga ini sangat penting bagi keberfungsian keluarga dan 3 hal ini menjadi indikator utama” ucap Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makkie di Hotel Banjarmasin Internasional, Selasa (17/9/2019).

Ia juga berpesan agar kader-kader PKK di Kalsel dapat memperluas wawasan dan pengalaman sehingga berada di tengah-tengah masyarakat dapat menjaga ketahanan keluarga khususnya di bidang Pangan, Sandang dan Tata Laksana Rumah Tangga.

Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudhatul Jannah Sahbirin menambahkan Bimtek ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menguatkan komitmen dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

“Utamakan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) juga berkualitas dan sandang dengan kecintaan para produk lokal sendiri serta tata laksana rumah tangga yang sehat melalui berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat” tambahnya.

Selain itu, kader PKK harus dapat memahami dengan baik, tugas, fungsi dan peran masing-masing agar nantinya keberadaan PKK dapat dimanfaatkan bagi keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua III TP PKK Provinsi Kalsel, Hardiyanti Arifin sekaligus Ketua Panitia Pelaksana mengatakan Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang strategi bidang ketahanan keluarga melalui bidang pangan, sandang dan tata laksana rumah tangga dalam menurunkan angka stunting.

Diharapkan melalui Bimtek ini dapat memahami keterkaitan hubungan Pangan, Sandang dan Tata Laksana Rumah Tangga dalam memenuhi kebutuhan ketahanan keluarga serta dapat membantu keluarganya untuk terhindar dari ancaman isu stunting.

Bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 17-18 September 2019 dan diikuti oleh pengurus TP PKK Kab/Kota se-Kalsel. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan