Berbagai Pertunjukan Seni Siap Ramaikan Kiram Arts Festival

Puluhan turis lokal maupun mancanegara siap ramaikan Kiram Arts Festival yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni mulai 8 hingga 12 November 2023 di tempat wisata Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Kedatangan para turis pun disambut baik oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan di Mahligai Pancasila.

Dalam sambutannya, Sulkan menyampaikan pihaknya sangat gembira karena festival ini merupakan kali pertama dilaksanakan dan diramaikan oleh para seniman dari berbagai daerah di Indonesia dan budayawan dari luar negeri.

“Kiram Arts Festival merupakan ajang bagi para seniman dan budayawan dari berbagak penjuru untuk berkumpul dan menampilkan larya terbaik mereka di bidang seni dan budaya,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (7/11/2023).

Ia menerangkan, Festival ini menjadi salah satu wadah interaksi dan pertukaran ide yang menginspirasi para seniman dalam berkarya. Selain itu, melalui rangkaian kegiatan ini saudara – saudara juga dapat menikmati beragam kesenian khas Kalsel.

Sulkan berharap pada gala dinner kali ini saudara – saudara dapat merasakan kekayaan dam keragaman budaya masyarakat kalimantan selatan.

“Karena momen yang penuh rasa kekeluargaan ini dapat menjadi sarana bagi kita semua untuk lebih saling mengenal dan menjalin komunikasi dan tali silaturahmi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso menambahkan pada besok malam (8/11) hingga 12 November, akan ada kurang lebih 20 negara yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya pada pelaksanaan Kiram Arts Festival Nanti.

“Kita sangat bersyukur, walaupun festival ini perdana dilaksanakan. Akan tetapi, antusias para budayawan untuk ikut memeriahkan Kiram Arts Festival ini sangatlah banyak,” terangnya.

Lebih lanjut, Sunjaya menuturkan walaupun persiapan untuk kegiatan ini cukup singkat, akan tetapi pihaknya berusaha semaksimalkan mungkin agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses.

“Kami dari Disdikbud Kalsel berusaha agar festival ini dapat berjalan dengan lancar supaya nama Kalsel dapat dikenal dari lingkup nasional hingga internasional,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai