Pemprov Kalsel Dukung Gerakan Melawan Osteoporosis


taf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Prov Kalsel, Husnul Hatimah  (kerudung abu-abu) menghadiri Gebyar Senam sebagai Pencanangan Gerakan Kalsel Melawan Osteoporosis di Taman Budaya Banjarmasin, Minggu (27/8/2023). MC Kalsel/Fuz

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Kalsel, Husnul Hatimah memberikan dukungan kepada Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) yang melakukan Gebyar Senam sebagai Pencanangan Gerakan Kalsel Melawan Osteoporosis di Taman Budaya Banjarmasin.

“Kita mendukung program seperti ini, kiranya ini dapat dilaksanakan secara rutin seban dengan tekad yang kuat lah yang akan membawa kita semua mewujudkan masyarakat Kalsel yang sehat jasmani dan rohani,” ujar Husnul Hatimah, Minggu (27/88/2023).

Atas nama Pemprov Kalsel, Husnul Hatimah juga mengapresiasi penyelenggaraan seperti ini sebagai upaya menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat Banua terhadap osteoporosis.

“Dengan demikian kita mempunyai harapan untuk membangun masyarakat yang kuat dengan berbekal kesehatan badan dan kekuatan tulang yang prima,” lanjutnya.

Disebutkan jika kesehatan merupakan modal untuk beraktivitas, investasi berharga yang harus dipelihara sejak dini diantaranya dengan menjaga asupan gizi dan berolahraga yang rutin.

Osteoporosis sendiri menjadi salah satu isu kesehatan yang sering diindahkan karena banyak masyarakat yang mengidentifikasikannya sebagai penyakit orang tua, padahal pencegahan sejak dini sebagai kunci untuk mengurangi resiko terserang kerapuhan tulang dan memastikan kesehatan tulang yang optimal.

“Pada dasarnya kesadaran pentingnya kesehatan dimulai dari diri sendiri, kita masing-masing bertanggung jawab untuk mengedukasi diri sendiri dan selanjutnya orang di sekitar kita mengenai pola hidup sehat,” pesan Husnul Hatimah.

Perwatusi merupakan perkumpulan nirlaba yang merupakan anggota dari Internasional Osteoporosis Foundation yang memiliki kepedulian atas penyakit yang diderita 3 dari 5 wanita di dunia, yaitu keropos tulang atau osteoporosis.

Sementara itu Ketua Umum Perwatusi, Anita A. Hutagalung menyampaikan bahwa membangun komunitas masyarakat peduli osteoporosis merupakan tujuan utama dari kehadiran Perwatusi di Indonesia, termasuk berkerja bersama dengan pemerintah daerah.

“Kita bersama-sama terus memberikan pengetahuan tentang pentingnya melakukan aktivitas olahraga sebagai salah satu langkah untuk menjaga kekuatan tulang, juga kesehatan jantung dan paru,” ujar Anita. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai