Pra PON XXI Karate, Kalsel Loloskan 14 Karateka ke PON

Kontingen Kalimantan Selatan Cabang Olahraga Karate pada babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI berhasil meloloskan 14 karateka dari 8 kelas dengan raihan 1 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Adapun 8 kelas tersebut, Kata Beregu Putra dan Putri, Kata Perorangan Putra, Komite – 55 Kg, Komite – 60 Kg, Komite – 67 Kg, Komite – 84 Kg, dan Komite – 61 Kg.

Sedangkan 14 karateka yakni tersebut adalah M Mazlan dari Komite – 67 Kg Putra mendapatkan medali Emas, Aminuddin dari Komite – 60 Kg Putra dan M. Afif Lubis dari Komite – 84 Kg Putra mendapatkan medali Perak, dan M Raditya Azhari dari Kategori Komite – 55 Kg Putra mendapat medali Perunggu. 

Selain mereka yang berhasil meraih medali, mereka yang turut lolos ke PON 2024 adalah Tutut Hastuti astuti -61 kg putri, kemudian Amin Abdillah, Bagaskara Editya Putra dan Muhammad Rifki dari kelas Kata Beregu Putra. Kemudian Kelas Kata Beregu Putri, yaitu Uswatun Hasanah, Suci Dwi Arianti, Cantik Meza, serta Kelas Perorangan Kata Putra, M.Saifa Alim.

Atas keberhasilan tersebut, Gubenrur Provinsi Kalsel Sahbirin Noor meapresiasi atas raihan prestasi atlet karate banua yang telah mampu meloloskan atlet ke PON 2024.

“Selamat dan terus lanjutkan prestasi ini pada ajang PON 2024 bagi semua karateka yang lolos,” kata Sahbirin Noor di Gor Rudy Resnawan, Minggu (28/8/2023) malam.

Menurutnya, ajang yang diikuti atlet karateka dari berbagai daerah tersebut, menjadi ajang pembinaan jangka panjang yang selanjutnya melahirkan atlet-atlet hebat di Indonesia.

“Sebab, di usia 78 Tahun Indonesia merdeka, Kalsel untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Babak Kualifikasi Pra PON XXI ini. Tentunya ini menjadi sejarah tersendiri bagi Kalsel khususnya masyarakat yang mencintai ilmu bela diri karate,” ujarnya

Gubernur Kalsel juga menyampaikan dengan berakhirnya Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional cabang olahraga karate 2023, maka akan dapat mengetahui hasil pembinaan prestasi atlet karateka yang ada di daerah.

“Untuk itu, saya atas nama Ketua Umum FORKI Kalsel dan atas nama Gubernur Kalsel, mengucapkan selamat kepada semua atlet yang telah meraih prestasi terbaik di ajang bergengsi ini. Saya berpesan, teruslah asah kemampuan kalian dan jangan pernah menyerah. Jangan puas dengan prestasi yang diraih pada ajang ini. Karena prestasi tertinggi seorang atlet adalah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional,” ucapnya.

Sementara itu, Anton Arisandi selaku [elatih karateka FORKI Kalsel bersyukur dengan kelolosan ke PON XXI 2024 mendatang, pihaknya akan menyiapkan dengan baik untuk meraih prestasi terbaik.

“Alhamdulilah. kita bersyukur selama kepemimpinan Sahbirin Noor selaku Ketum FORKI Kalsel, prestasi atlet-atlet karateka Banua meningkat secara pesat,” kata Anton. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai