Peduli Banjir Tala, Personel Gabungan Gelar Bakti Sosial

Seorang petugas Posko Kesehatan Bhayangkara Peduli Sesama memberikan layanan kesehatan kepada warga terdampak banjir, Kabupaten Tanah Laut, Minggu (12/7/2020). Humas Polda Kalsel

Sebagai bentuk kepedulian terhadap banjir yang terjadi di Kabupaten Tanah Laut, ratusan personel gabungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, Polres Tanah Laut, TNI, dan BPBD melaksanakan Bakti Sosial Penanganan Bencana Alam.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Cuncun Kurniadi, mewakili Kapolda Kalsel,
Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, mengatakan pihaknya mendirikan posko khusus untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat terdampak.

“Petugas kami memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir dengan mendirikan Posko Kesehatan Bhayangkara Peduli Sesama yang bertempat di Kelurahan Angsau Kecamatan Pelaihari untuk membantu masyarakat terdampak banjir,” ujar AKBP Cuncun Kurniadi, Tanah Laut, Minggu (12/7/2020).

Tidak hanya melayani pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat atau vitamin gratis, kata AKBP Cuncun, petugas juga memberikan layanan kesehatan door to door bagi masyarakat korban banjir yang tidak bisa datang ke posko.

Selain itu, personel gabungan juga memberikan bantuan lainnya berupa penyaluran kebutuhan pokok, terutama sembako dan pakaian, penyediaan dapur umum, serta evakuasi korban banjir.

“Kami juga mendirikan Dapur Umum Lapangan guna menyiapkan dan mendistribusikan makanan sebanyak 1.000 nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Pelaihari serta kepada petugas dilapangan,” ucap AKBP Cuncun.

Selanjutnya, pendistribusian air bersih dan pembersihan fasilitas umum juga turut dilakukan, tidak terkecuali patroli oleh Tim SAR dalam rangka pengecekan kondisi terkini pasca banjir.

“Personel Satuan Brimobda Polda Kalsel dan Polres Tala bersinergi dengan TNI dan masyarakat bersama-sama membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum pasca banjir. Adapun lokasi yang dilakukan pembersihan meliputi Musholla Al Ikhlas, Gereja St. Theresia Jalan Parit dan Vihara Buddha Sasana di Kelurahan Angsau,” kata AKBP Cuncun.

Kapolres Tala itu pun berharap bakti sosial yang dilakukan dapat meringankan beban serta meningkatkan hubungan baik antara masyarakat dan aparat.

“Semoga dengan kegiatan ini, jalinan silaturahmi antara masyarakat dan Polri terus ditingkatkan,” kata AKBP Cuncun. Humas Polda Kalsel/MC Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan