Pemprov Kalsel Dorong Kapasitas Anak Menjadi Pelopor dan Pelopor Cegah Kekerasan

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Suparmi (kiri) dan Kepala DPPPAKB Provinsi Kalsel, Adi Santoso (kanan) berfoto bersama pada Temu FAD Provinsi Kalsel. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) melaksanakan Temu Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Kalsel yang bertema “Dare To Lead and Speak Up : Anak Banua Bergerak Menginspirasi menjadi Pelopor dan Pelapor”, Banjarbaru, Minggu (27/8/2023).

Kepala Seksi Pemenuhan Hak Sipil Informasi dan Partisipasi DPPPA-KB Provinsi Kalsel, Aida Rosdiana menyampaikan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anak dibidang bela negara, cinta tanah air, kebhinekaan dan persaudaraaan.

“FAD merupakan wadah partisipasi anak untuk meningkatkan peran anak sebagai Pelopor dan Pelapor dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak dan terpenuhinya hak-hak anak,” kata Aida.

Kegiatan Temu FAD Provinsi Kalsel diikuti sebanyak 60 forum anak perwakilan dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Aida menyebutkan, FAD juga memfasilitasi perwakilan anak-anak dari seluruh kabupaten/kota dan Provinsi untuk membangun jaringan persaudaraan serta membangun jiwa patriotisme dan kepemimpinan.

“FAD dapat berbagi pengalaman sesama anak di Kalsel yang dilakukan oleh dan untuk anak, bekerja bersama anak serta memfasilitasi penyusunan rencana tindak lanjut pengembangan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P),” jelas Aida. 

Kegiatan FAD hari ini sebagai rangkaian Hari Anak Nasional 2023 juga dengan melakukan kunjungan ke lapas anak untuk berbagi kebahagiaan, edukasi dan pembelajaran. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai