Menjadi Tuan Rumah, Pemprov Kalsel Lakukan Berbagai Persiapan


Kadispora Kalsel sekaligus Sekretaris Pengprov Forki Kalsel, Hermansyah Senin (21/8/2023). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus mempersiapkan pelaksanaan tuan rumah babak kualifikasi PON cabang karate pada tanggal 25 hingga 27 Agustus mendatang. Persiapan acara pun sudah mencapai 70 persen.

PRA PON Karate ini nantinya akan digelar di Gor Rudy Resnawan Banjarbaru dengan mempertandingkan empat tatami atau matras sekaligus.

“Jadi kesiapan kita sudah mencapai 70 persen. Kita pastikan kegiatan PRA PON Kalsel berjalan lancar dan sukses,” kata Kadispora Kalsel sekaligus Sekretaris Pengprov Forki Kalsel, Hermansyah Senin (21/8/2023).

Hermansyah mengatakan, pihaknya hanya menunggu pemasangan matras dan peralatan pertandingan lainnya yang akan dimulai pada tanggal 21 Agustus mendatang.

Ia juga memastikan bahwa babak kualifikasi PON ini akan melibatkan sedikitnya 102 wasit juri yang akan memimpin jalannya pertandingan.

“Tanggal 21 nanti ada persiapan terkait tempat. Saat ini koordinasi wasit juri dari seluruh Indonesia ada sekitar 102 orang. Tentu kita ingin Kalsel benar-benar siap jadi tuan rumah PRA PON karate,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi, Heru Susmianto menambahkan untuk rangkaian kegiatan Pra PON Karate tersebut, dimulai pada tanggal 22 sampai 24 Agustus 2023.

Sedangkan, untuk pelaksanaan pertandingan dimulai tanggal 25 sampai 27 Agustus 2023, di GOR Rudy Resnawan, di Banjarbaru. Yang akan mempertandingkan, 15 Kategori Pertandingan, seperti Kata Putra dan Putri, Kumite Putra untuk kelas -55 kg, -60 kg, -67 kg, -75 kg, -84 kg, dan +84. Sedang Kumite Putri untuk kelas -50 kg, -55 kg, -62 kg, – 68 kg, serta +68 kg. 

Selain itu, Pemprov Kalsel menargetkan Kontingen Kalsel pada Pra PON Karate Tahun 2023, dapat meloloskan sebanyak-banyaknya atlet karate ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. 

“Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Pra PON Karate, tidak hanya dapat sukses pelaksanaan tetapi juga sukses prestasi,” kata Heru. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai