Pemprov Kalsel Selenggarakan Bimtek Strategi Sanitasi

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan khususnya sektor air minum dan sanitasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel melaksanakan Bimbingan Teknis Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari 21 Agustus hingga 23 Agustus 2023 ini dilaksanakan di Banjarmasin, Senin (21/8/2023).

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan, Ahmad Solhan dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum, Angga Rinaldi Rizal mengatakan, bimtek ini untuk memberikan pendampingan dan dukungan peningkatan pengetahuan berkaitan dengan sanitasi yang termasuk kedalam Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Dukungan bimbingan teknis ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan capaian layanan sanitasi di kabupaten/kota, dengan meningkatnya kualitas perencanaan sanitasi yang termaktub dalam dokumen SSK,” katanya.

Ia menuturkan, dokumen SSK sangat diperlukan pada setiap even sinkronisasi anggaran sanitasi atau pada saat verifikasi usulan pendanaan yang bersumber dari APBN ataupun dana alokasi khusus. 

“Mengingatkan kembali bahwa program yang akan diusulkan sudah dimasukkan dalam perencanaan SSK,” ucapnya.

Menurutnya, untuk mendukung peningkatan kualitas perencanaan khususnya sanitasi, diperlukan pemahaman terhadap acuan dan proses penyusunan SSK secara komprehensif dan keterpaduan. Sehingga diperlukan sebuah sarana dan fasilitasi bimbingan teknis penyusunan SSK yang difasilitasi oleh seksi air minum dan penyehatan lingkungan Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan.

“Melalui bimbingan teknis strategi sanitasi kabupaten/kota. Semoga kabupaten/kota dapat melaksanakan review dokumen secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan kualitas dokumen SSK dalam rangka memaksimalkan pengembangan dan pembangunan sanitasi serta mengawal keberlanjutan program kegiatan,” pungkasnya.

Adapun Bimtek Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 dihadiri oleh Konsultan Supervisi Kementerian Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang RI, Konsultan PPSP Nawasis Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI, serta beberapa Narasumber. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai