Sambut Ramadan, Taman Budaya Gelar Lomba Lukis Kaligrafi

Kepala Seksi Dokumentasi dan promosi, Nitta Aulia (kiri) saat meliat lomba lukis kaligrafi di kawasan taman budaya, Banjarmasin, Kamis (16/3/2023). MC Kalsel/usu.

Menyambut bulan ramadan dan sekaligus melestarikan seni rupa di masyarakat khususnya kaligrafi, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan lomba lukis kaligrafi.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan perlombaan lukis kaligrafi, memberikan nuansa islami dalam menyambut bulan ramadan.

“Kami mengajak masyarakat pecinta seni rupa, agar bisa mengembangkan ekspresi seninya melalui huruf arab,” ucapnya, Banjarmasin, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 48 peserta terdiri dari 12 orang kategori pelajar dan 36 orang kategori umum. Lalu ada beberapa penilaian dalam menentukan pemenang lomba lukis kaligrafi yaitu kebenaran tulisan ayat, kreatifitas, kesesuaian ayat dengan warna backdrop tulisan dan ketuntasan dalam menulis ayat.

“Kami memilih 3 juri, 1 akademisi dan 2 seniman senior, Mereka semua berasal dari Kalsel dan telah ahli di bidang kesenian. Oleh karena itu, pastinya mereka akan sangat teliti menyeleksi hasil karya para peserta untuk dijadikan pemenang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Dokumentasi dan promosi, Nitta Aulia menambahkan, pihaknya menyediakan beberapa fasilitas di antaranya kanvas untuk peserta serta penginapan berupa wisma taman budaya bagi peserta luar daerah.

“Karena ada beberapa peserta dari dua kategori lomba tersebut yang berasal di kabupaten yang jauh dari Banjarmasin,” katanya.

Untuk total hadiah yang diberikan kepada pemenang sebanyak Rp15 Juta terbagi untuk juara 1, juara 2, dan juara 3 pada 2 kategori.

“Dan nantinya hasil karya para pemenang, akan kita pamerkan pada pameran seni lukis yang rencananya akan dilakukan di taman budaya pada September mendatang,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai