Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Prov Kalsel, Heriansyah memberikan Pendidikan Politik Kepada Masyarakat Pemilih Pemula yang diselenggarakan di Siring Menara Pandang Kota Banjarmasin.

“Ini hari kedua kita melakukan kegiatan pendidikan politik, tujuan pendidikan politik ini jelas karena mereka ini adalah anak SMA yang merupakan sebagai pemilih pemula pada pemilu Tahun 2024,” sebut Heriansyah, Rabu (21/6/2023).

Disebutkan jika pemilihan umum pada Tahun 2024 akan diselenggarakan dengan serentak, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Anggota DPD RI.

Sebagai pemilih pemula, masyarakat perlu mendapatkan pemahaman terkait peran penting masyarakat dalam keberlangsungan demokrasi di Republik Indonesia.

“Kita mengimbau kepada mereka agar dapat mengetahui siapa-siapa saja nanti yang akan dipilih agar mencermati baik-baik visi dan misi mereka,” tambah Heriansyah.

Melalui kesempatan ini pula, sebagai langkah Pemerintah Provinsi Kalsel untuk meningkatkan partisipasi politik bagi pemilih pemula.

Pendidikan Politik hari kedua ini diikuti oleh puluhan pelajar dari SMKN 4 Banjarmasin, sedangkan sebelumnya diikuti oleh pelajar dari SMKN 5 Banjarmasin.

Adapun narasumber yang dihadirkan untuk memberikan edukasi terhadap politik, yakni dari Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) – Akhmad Mukhlis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel – M. Fahmi Failasopa, dan akademisi sekaligus dosen FISIP ULM – Jamaluddin. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai