Lestarikan Seni Pertunjukan Tradisional, Pemprov Kalsel Selenggarakan Pagelaran Bapantulan

Lestarikan seni pertunjukan tradisional, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan pagelaran Bapantulan pada Rabu, 21 Juni 2023 di Gedung Balairung Sari.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan Seni Bapantul merupakan salah satu kesenian berasal dari kabupaten Hulu Sungai Tengah yang menggunakan properti topeng dengan mimik wajah beragam. Seni Bapantul sengaja dilaksanakan agar masyarakat kembali mengenal salah satu kesenian bersifat komedi yang dimiliki Kalsel. Untuk pertunjukan akan dikemas ke dalam bentuk drama pertunjukan yang ditampilkan oleh seniman – seniman di Kalsel.

“Nantinya para seniman akan memberikan unsur komedi dengan banyolan – banyolan yang spontan sesuai dengan seni bapantul itu sendiri,” terangnya.

Suharyanti mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menonton kesenian Bapantulan bisa langsung datang ke Gedung Balairung sari di pukul 20.30 Wita.

“Bagi yang tidak bisa datang secara langsung, bisa juga menonton secara live di youtube channel Taman Buda Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan menonton pertunjukan ini, secara tidak langsung kita melestarikan salah satu kebudayaan yang dimiliki banua,” terangnya. 

Untuk diketahui Kesenian Bapantul merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) yang sudah masuk ke dalam data KemendikbutRistek Republik Indonesia. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai