Berikan Dukungan dan Semangat di Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Suasana peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri Pembina. MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022, di Sekolah Luar Biasa (SLB) C Negeri Pembina Tingkat Provinsi, di Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

Gubernur Kalsel diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Husnul Khatimah mengapresiasi seluruh jajaran pengajar, terutama para kepala SLB kabupaten/kota dan provinsi karena kesabarannya dalam menghadapi anak-anak disabilitas.

“Atas nama Pemprov Kalsel, kami ucapkan selamat hari disabilitas internasional kepada para penyandang disabilitas di seluruh wilayah di Banua,” kata Husnul.

Husnul menyebutkan, tidak ada perbedaan penyandang disabilitas dengan lainnya, karena semua diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya. Oleh karna itu penyandang disabilitas tidak boleh patah semangat.

“Kami selalu ada bersama penyandang disabilitas untuk memberikan dukungan dan hak-hak penyandang disabilitas,” tambah Husnul.

Pada periode pertama menjabat, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor telah membuat Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas dan akan terus memperjuangkan hak-hak disabilitas hingga akhir masa jabatan 2024.

“Peringatan disabilitas ini sebagai bentuk perhatian nyata dan kepedulian, bagi saya peringatan ini bukan hanya kepatuhan dunia dalam forum PBB,” ucap Husnul.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Muhammadun megatakan, peringatan HDl merupakan momentum agar kita mempunyai rasa peduli kepada para penyandang disabilitas.

“Di masyarakat banyak hal-hal yang dapat kita perbuat untuk mendorong para disabilitas itu bisa diterima dengan kondisinya. Pak Gubernur pun mengatakan bahwa manusia diciptakan sempurna, ada yang mempunyai kekurangan dan kelebihan, dimana kekurangan tersebut mempunyai kelebihannya sendiri,” kata Muhammadun.

Muhammadun pun berharap, pada peringatan HDI ini masyarakat bergerak bersama memberi semangat penyandang disabilitas untuk bisa mandiri.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan berupa 350 paket snack. Dari Bank Kalsel lima buah kursi roda, 10 buah ABD, 10 tongkat Netra, 10 tongkat kruk. Dari PT Ambang Barito Nusapersada (AMBAPERS) enam kursi roda. Dari JAMKRIDA satu kursi roda, tiga tongkat kruk, dan tiga tongkat netra. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai