Pemprov Kalsel Apresiasi Pengelolaan Zakat BAZNAS Sejahterakan Masyarakat

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rozali Anwar. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Kalsel) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi Peluncuran Program ZMART, Beasiswa BAZNAS dan Peningkatan Kualitas RTLH yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rozali Anwar sangat mengapresiasi BAZNAS, karena telah menjalankan perannya dalam pengelolaan zakat dengan mendistribusikan zakat kepada 154 penerima manfaat, yang terdiri dari bantuan untuk UMKM (ZMART), beasiswa perguruan tinggi, beasiswa timur tengah, dan Rumah Layak Huni (RLH) sebanyak 50 buah yang totalnya sebesar Rp2,3 miliar.

“Ini merupakan bukti nyata dan kebanggaan kita, BAZNAS dapat berperan optimal mensejahterakan umat, melalui pengelolaan zakat yang dilakukan secara tepat, terukur, terarah, transparan dan akuntabel,” ucap Roy. 

Roy mengharapkan, agar momentum ini dapat memicu kesadaran masyarakat Kalsel untuk terus berzakat, berinfaq dan bersedekah di BAZNAS Provinsi Kalsel, guna menumbuh kembangkan perekonomian, SDM serta menjadi titik awal pertumbuhan zakat yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat Banua.

“Kedepannya semakin banyak masyarakat, ASN, BUMN, BUMD, dunia usaha maupun dunia kerja yang menyerahkan zakat, infaq dan sedekahnya ke BAZNAS Kalsel, sehingga berimplikasi pada semakin banyak pula jumlah penerima manfaat yang dapat kita bantu meringankan beban mereka,” ujar Roy.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kalsel, Irhamsyah Sapari mengatakan, penyaluran Zmart bersinergi dengan BAZNAS RI sebesar Rp465 juta untuk 50 penerima manfaat yang tersebar di Kota Banjarmasin.

“Penyaluran Zmart bersinergi dengan BAZNAS kabupaten sebesar Rp368 juta untuk 40 penerima manfaat yang tersebar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut,” ucap Irhamsyah.

Selanjutnya Irhamsyah menjelaskan, Program Beasiswa Cendekia BAZNAS Kalsel bertujuan memberikan kesempatan para mustahik untuk dapat mengenyam Pendidikan di Perguruan Tinggi ternama di Kalsel hingga Timur Tengah yaitu, Al-Azhar Mesir.

Penyaluran Beasiswa Cendekia BAZNAS di Kalsel untuk 50 penerima manfaat dari Perguruan Tinggi yang telah bermitra dengan BAZNAS Kalsel, antara lain UIN, ULM, UNISKA, STIMI Banjarmasin, Poliban, Politeknik Hasnur, STIA Darul Ulum Kandangan, dan IAI Darussalam Martapura. Total penyaluran sebesar Rp125 juta dan Penyaluran Beasiswa Al-Azhar sebesar Rp150 juta untuk 14 penerima manfaat yang terdiri dari putra putri Kalsel,” jelas Irhamsyah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai