Minggu Pertama Juni 2023, Kalsel Berhasil Menekan Inflasi


Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Suparmi (depan tengah) menghadiri Rapat Koordinasi rutin Pengendalian Inflasi Daerah Edisi Pekan Pertama bulan Juni 2023 di Command Center di Banjarbaru, Selasa (6/6/2023). 

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Suparmi menghadiri Rapat Koordinasi rutin Pengendalian Inflasi Daerah Edisi Pekan Pertama bulan Juni 2023 di Command Center di Banjarbaru.

“Alhamdulillah, rakor kali ini kita berhasil menekan inflasi, pada prinsipnya Kalsel deflasi 0,05 persen,” sebut Suparmi, Selasa (6/6/2023).

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian dan dihadiri oleh seluruh kepala daerah, baik itu gubernur serta bupati dan walikota se-Indonesia melalui virtual.

Selanjutnya dilakukan paparan dari Badan Pusat Statistik (BPS), Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji yang menjelaskan terhadap perkembangan inflasi daerah bulan Mei 2023.

Disebutkan Indeks Perkembangan Harga (IPH) Nasional Minggu ke-5 bulan Mei 2023, sebagai provinsi dengan kenaikan IPH tertinggi berada di Provinsi Jawa Barat atau Kabupaten Pangandaran yakni perubahan IPH mencapai 6.86 persen.

Sedangkan provinsi dengan penurunan IPH tertinggi berada di Provinsi Kalimantan Barat atau Kabupaten Sekadau yakni perubahan IPH mencapai -3.37 persen.

Untuk komoditas utama yang mempengaruhi perubahan IPH yang terjadi di beberapa kabupaten kota sampai dengan Minggu Kelima Mei 2023 di antaranya daging ayam ras, bawang merah, telur ayam ras, bawang putih, beras, cabai rawit, cabai merah, minyak goreng, ikan kembung, udang basah dan lainnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai