Perkuat Sinergi Percepatan SPBE, Diskominfo Kalsel Kunker ke Balangan

Kunjungan Diskominfo Kalsel ke Balangan. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka memperkuat sinergi percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Balangan.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk mengkoordinasi dan sinkronisasikan program dan kegiatan dengan Pemerintah Kabupaten Balangan, sebagai bentuk tindak lanjut komitmen bersama pada Rakerda Diskominfo se-Kalsel pada Mei lalu.

“Kunjungan kerja ini merupakan upaya tindak lanjut kita untuk bersama-sama membangun pemerintahan yang berbasis elektronik. Kita tidak bisa lagi mundur, mengingat saat ini semua sudah serba digital,” kata Muslim, Balangan, Selasa (6/6/2023).

Muslim menambahkan, bahwa pihaknya siap membantu Pemerintah Kabupaten Balangan untuk mengawal kelancaran pelaksanaan tiga urusan utama Diskominfo yakni, urusan informasi komunikasi publik, persandian dan keamanan, serta urusan statistik.

Salah satunya terkait dengan pengentesan wilayah blank spot, lanjut Muslim, dimana saat ini masih ada 19 persen desa yang masih terdapat blank spot.

“Ini yang harus kita kawal bersama, dengan membuat perencanaan yang baik dan disampaikan kepada pemerintah pusat agar di lokasi-lokasi strategis tertentu diwilayah blank spot tersebut bisa diusulkan untuk dibangunkan Base Transceiver Station (BTS),” tegasnya.

Muslim juga mendorong Pemerintah Kabupaten Balangan untuk membentuk tim koordinasi CSIRT untuk mengawal keamanan siber dan informasi di Pemerintahan Kabupaten Balangan.

“Ini juga yang termasuk kita komitmenkan bersama, untuk kita berharap Pemerintah Kabupaten Balangan membentuk tim koordinasi CSIRT untuk mengawal keamanan siber dan informasi,” tutupnya.

Selain itu, Muslim juga mengimbau agar Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Diskominfo setempat untuk memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Balangan dengan cara menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi SP4N-LAPOR. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai