Seleksi Paskibraka Segera Dibuka

Rapat seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Tahun 2023. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Tahun 2023.

Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah melalui Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Nurul menjelaskan tahapan seleksi ini dilaksanakan berdasarkan dengan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

“Ini juga berdasar pada Peraturan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 3 Tahun 2022 kemudian Surat Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 267/PE/02/2023/D5 tanggal 12 Februari 2023,” ujar Nurul, Jumat (5/5/2023).

Disampaikan beberapa hal sebagai petunjuk teknis Pembentukan Paskibraka Tahun 2023, di antaranya yakni Program Paskibraka bertujuan untuk mengarusutamakan Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang Berbhinneka Tunggal Ika oleh Paskibraka yang merupakan putra dan putri terbaik bangsa. Lalu menguatkan pembinaan kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, dan peningkatan wawasan kebangsaan. Serta membentuk penerus perjuangan bangsa dan calon pemimpin bangsa yang memiliki karakteristik jiwa dan semangat Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kepesertaan dalam seleksi ini merupakan pelajar, putera dan puteri sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan, dan/atau bentuk lain yang sederajat yang memenuhi syarat dapat mendaftar sebagai calon Paskibraka.

“Pemilihan calon Paskibraka pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat maka wajib mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan sebelum pelaksanaan tugas pengibaran dan penurunan Duplikat Bendera Pusaka pada Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” tuturnya.

Seleksi rencananya dilaksanakan pada hari Selasa sampai Kamis, tanggal 9 – 11 Mei di Hotel Roditha Banjarmasin dan Stadion Lambung Mangkurat Banjarmasin. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai