47 Putra Putri Kalsel Ikuti Pertukaran Pemuda Antar Negara

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Hermansyah (kanan) mengaluhkan tanda perserta kepada perwakilan peserta Seleksi calon peserta pertukaran pemuda antar negara (PPAN) Tingkat Provisni Kalimantan Selatan Tahun 2023 di Banjarmasin, Sabtu (6/5/2023). MC Kalsel/tgh

Sebanyak 47 putra dan putri Kalimantan Selatan mengikuti Seleksi calon peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel di Banjarmasin.

Pertukaran pemuda tahun ini dari dua negara yaitu Program Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) dan Program pertukaran pemuda Indonesia Korea (PPIKOR).

Kadispora Kalsel, Hermansyah mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas generasi muda, memperluas wawasan dan pengetahuan, pengembangan sikap kepemimpinan, disiplin tekad dan semangat yang kuat serta menumbuhkan sikap tanggap terhadap setiap tantangan masa kini dan masa depan.

“PPAN merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda didaerah sekaligus potensi pemuda nasional melalui kerja sama internasional, untuk meningkatkan potensi sumber daya pemuda dalam mengantisipasi perubahan lingkungan,” kata Hermansyah, Sabtu (6/5/2023).

Ia berharap kepada peserta, dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan panitia dengan tekun dan sungguh-sungguh, karena seleksi ini sebagai upaya pembinaan dan dapat memberikan makna bagi keberhasilan pencapaian menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Sedangkan panitia seleksi dan tim penguji dalam melaksanakan tugas, hendaknya lebih cermat dan profesional agar dapat memberikan hasil yang terbaik, sehingga terlihat peserta yang benar-benar yang terbaik dan patut untuk mengikuti program pertukaran ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Rokhyatin Efendi menambahkan, tujuan program PPAN tahun ini merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah, sekaligus pemuda Nasional melalui kerja sama Internasional.

“Program ini bisa menguatkan rasa nasionalis pemuda kita, bahkan mereka juga nantinya akan siap menjadi pemimpin untuk daerahnya,” ucapnya.

Kegiatan pertukaran pemuda ini diikuti 47 pemuda di 13 Kabupaten/kota dengan rincian 28 putri dan 19 putra. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 6-8 Mei 2023.

“Dari hasil seleksi pertukaran pemuda tingkat Provinsi ini akan menghasilkan dua pemuda terbaik yang akan bergabung di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Mereka akan disebar di negara yang sudah ditetapkan yaitu Australia dan Korea,” kata Rokhyatin. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai