Peringati Hari Teater Sedunia, Pemprov Kalsel Selenggarakan Aruh Teater Untuk Wadah Para Seniman

Penampilan salah satu sanggar pada pelaksanaan aruh teater di Taman Budaya Provinsi kalsel, Banjarmasin, Jumat (5/5/2023).

Dalam rangka memperingati hari Teater Sedunia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan wadah untuk para seniman menampilkan teater melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan, pada pelaksanaan hari Teater Sedunia, pihaknya bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pekerja Seni Kampus (FKPSK) menyelenggarakan Aruh Teater dengan tema yang diangkat “Membaca Akar Menjaga Keberlangsungan”.

“Berbagai macam kegiaatan kami akan dilaksanakan pada Aruh Teater kali ini di antaranya pementasan dari sanggar teater serta dialog yang membahas tiga tokoh kalsel,” ucapnya, di Banjarmasin, Jumat (5/5/2023).

Lanjut Ia menerangkan, pada acara dialog akan membahas tokoh – tokoh teater asli Kalsel seperti Bakhitar Sanderta sebagai pembaharuan teater tradisi di Kalsel, Adjim Arijadi sebagai pelopor Teater Modern di Kalsel dan Abdussukur sebagai pelestari teater tradisi bapandung.

“Selain itu, kami juga akan menampilkan berbagai pertunjukan teater modern serta tradisi yang dipersiapkan oleh para sanggar di dalam komunitas FKPSK,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi wadah para seniman, dalam mengekspresikan diri mereka ke dalam bentuk teater.

“Taman Budaya akan selalu memberikan ruang dan dukungan kepada seluruh kesenian yang ada di Kalsel, agar kesenian kita dapat terus dikenal masyarakat luas,” pungkasnya.

Untuk pelaksanaan Aruh Teater diselenggarakan selama tiga hari mulai 5 hingga 7 Mei 2023 di wilayah perkantoran UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel. MC Kalsel/usu/ARH

Mungkin Anda Menyukai