Rakernas ke 10, Mardani Ingin Kawasan Industri Ada Disetiap Daerah

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke 10 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi) dan Apkasi Otonomi Expo 2017 di JCC Jakarta Pusat, Rabu (19/7).
Hadir pada acara tersebut, Ketua DPD, Duta Besar beberapa Negara,  sejumlah Menteri Kabinet Kerja, para Gubernur, Dewan Pengurus Apkasi, Petinggi TNI dan Polri, serta para investor dari dalam dan luar Negeri.
Rakernas yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut dikuti oleh 156 Kepala Daerah dan perwakilan kepala daerah se Indonesia.
Dalam laporannya, Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming mengatakan  bersamaan dengan kegitan Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo ini juga dilaksanakan sejumlah kegiatan pendukung lainya seperti Indonesia Inovasi Expo dan Forum serta pemilihan Putri Otonomi 2017.
Adapula pertujukan seni dan budaya dari beberapa daerah yang akan bernilai promosi bagi keragaman seni dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.
Mardani H Maming yang juga Bupati Tanah Bumbu ini juga menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakanya kegiatan tersebut. Melalui event tahunan ini, selaku Ketua Umum Apkasi ia mengharapkan adanya pertumbuhan pembangunan yang merata di daerah melalui peluang investasi dan bisnis dalam upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu atas nama seluruh Anggota Apkasi Mardani mengharapkan agar pembagian kawasan industri baru didaerah tidak hanya ada di 14 wilayah  saja,  akan tetapi bisa merata diseluruh daerah yang ada  di indonesia.
Sementara itu Presiden Republik Indonesia Ir. joko Widodo dalam sambutanya meminta kepada seluruh kepala daerah agar mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global yang semakin pesat
“Diera globalisasi ini kita semua harus selalu siap membekali diri dengan kriatifitas yang inovatif, jika tidak maka kita akan tertinggal,” ujarnya.
Kita juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat dimasa-masa yang akan datang.
Karena ditangan merekalah Negara tercinta ini kita titipkan. Generasi muda akan mengemudikan semua bidang dimasa akan datang, mereka akan menentukan bagaimana nasib ekonomi kita, mereka juga berperan dalam menentukan bidang politik di Negara ini.
Dikatakan Jokowi, dalam upaya memenangkan kompetisi dalam persaingan global saat ini, kita harus memiliki dua hal penting yang harus selalu dilaksanakan, yakni Inovasi, kreativitas.
“Sudah tidak jamannya lagi kita hanya bisa berbicara tanpa ada perbuatan yang positif dan kreatif,” papar Joko Widodo.
Dikatakanya bahwa perubahan dan persaingan global ini pasti akan datang melanda setiap negara dan setiap daerah.
Untuk itu ia meminta kepada seluruh kepala daerah agar terus berkarya dan berprestasi dalam membangun daerahnya.
“Jangan terjebak dengan rutinitas yang akan merugikan kita semua bila ingin daerahnya maju dan jauh dari ketertinggalan” pintanya.
Ditambahkanya, Negara kita adalah negeri yang indah yang didukung dengan sumberdaya alam yang melimpah, dan sumber daya manusia yang mumpuni. Negeri ini berbeda dengan negara lain, untuk itu mari kita manfaatkan semua potensi yang ada didaerah masing-masing dengan inovasi-inovasi yang bijak guna mewujudkan pembangunan di tanah air tercinta ini menuju bangsa yang semakin maju. (Ynr/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan