Gubernur Kalsel Gelar Tausiah dan Tarawih Bersama di Bumi Salawat

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (kanan kedua) saat menghadiri tausiah dan tarawih bersama di di Bumi Salawat, Kiram Kabupaten Banjar.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Subhan Noor Yaumil memberikan apresiasi kepada jemaah yang menghadiri Salawat dan Tausiah di Bumi Salawat, Kiram Kabupaten Banjar.

“Kita semua berterima kasih, karena kegiatan ini kita berkumpul bersama, lebih dari itu juga mendengarkan ceramah dan pengalaman ilmu agama yang belum kita dapatkan sebelumnya,” kata Subhan, Rabu malam (5/4/2023).

Subhan juga menyebutkan, jika kehadiran jemaah kali ini diharapkan sebagai upaya pembekalan, sehingga senantiasa bertakwa dalam menjalankan ibadah keagamaan.

Kegiatan bulanan ini dihadiri oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat sekitar serta menghadirkan Buya Arrazy Hasyim untuk memberikan tausiah Jalan Menuju Pulang ke-8 dengan tema Hari Berbangkit dan Habib Ali bin Abdullah Alaydrus membacakan doa. Rangkaian kegiatan Salawat dan Tausiah ini diawali salat Maghrib, Isya, kemudian Tarawih berjamaah, dan salawatan kemudian tausiah.

Buya Arrazy mengawali tausiah dengan menyampaikan Quran Sudah Al Mu’minun Ayat 99, yang artinya, Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia)”.

“Al maut (akhir kehidupan) yang dimaksud yakni ketika berpisahnya ruh dan badan, kalau sudah masuk kubur dia berkata, pulangkanlah aku ke bumi, hidupkan aku semula, aku berbuat amalan saleh sebanyak-banyaknya terhadap apa yang pernah aku tinggalkan,” kata Buya Arrazy.

HalIni dimaksudkan sebagaimana orang-orang yang menumpuk-numpuk hartanya sehingga disebutkan sebagai alasan untuk bermohon dikembalikan setelah kematian agar disempatkan untuk disedekahkan, amalan sosial dan sebagainya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai