Disperin Kalsel Motivasi Pelaku IKM Melalui IGDS dan Upakarti

Suasana Sosialisasi Indonesia Good Design Selection dan Upakarti bagi Aparat Pembina Perindustrian se-Kalsel, di Kabupaten Banjar, Kamis (16/6/2022). MC Kalsel/Ar

Dinas Perindustrian (Disperin) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan motivasi kepada para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar produknya mampu meningkatkan mutu dan produktivitas kerja, sehingga dapat mendorong jangkauan pemasaran.

“Maka dari itu, sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) dan Upakarti dilaksanakan sebagai bentuk motivasi dan penghargaan bagi IKM yang mampu menerapkan tumbuhnya budaya kerja berorientasi mutu produk,” kata Kepala Bidang Sarana Prasarana Pemberdayaan Industri, Kris Wibowo, mewakili Kepala Disperin Kalsel, Mahyuni, di Kabupaten Banjar, Kamis (16/6/2022).

Kris menyebutkan, penghargaan Upakarti sebagai penghargaan tertinggi dari pemerintah kepada mereka yang telah berdedikasi tinggi melakukan berbagai upaya yang sangat luar biasa dalam pengembangan IKM.

Kemudian, penghargaan IGDS sebagai penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan maupun desainer yang telah melakukan upaya luar biasa dalam menghasilkan desain produk yang baik sesuai dengan performa desain dan memenuhi kriteria ‘Good Design’.

Dikatakan Kris, sektor IKM di Kalsel sudah selayaknya mendapat perhatian nyata dari pemerintah untuk menjaga eksistensi dan kesinambungan usaha, serta memfasilitasi pengembangan skala usahanya.

“Hal ini, dilakukan agar IKM di Kalsel mampu bersaing dengan IKM se-Indonesia agar produk yang dihasilkan mampu memberikan nilai tambah dan bisa meningkatkan perekonomian, serta ini harus menjadi prioritas sebagai fokus pembinaan pengembangan industri secara nasional,” ujar Kris.

Dia pun berharap, melalui kegiatan ini benar-benar dapat meningkatkan wawasan para peserta dan memberikan motivasi untuk melakukan perubahan dalam memenangkan persaingan bisnis secara sehat bagi IKM di daerah.

“Ini bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi memerlukan kegigihan dan harus dimulai dari sekarang,” kata Kris. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai