Pemprov Kalsel Jaring Atlet Olahraga Tradisional Melalui Perlombaan

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mencoba permainan tradisional Kalsel yakni balogo usai membuka kegiatan Lomba Olahraga Tradisional dan Lomba Fotography tingkat Pelajar SMA se-Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kamis (11/11/2021). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya mendukung penuh kemajuan olahraga tradisional Banua. 

Hal ini disampaikannya Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat membuka kegiatan Lomba Olahraga Tradisional dan Lomba Fotografi tingkat Pelajar SMA se-Kalsel Tahun 2021  di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kamis (11/11/2021).

Menurutnya, acara lomba olahraga tradisional dan lomba fotografi seperti ini sebagai upaya untuk menjaring bibit olahragawan dan fotografer profesional dan ajang pembinaan bagi para peserta didik khususnya jenjang SMA.

“Ini upaya kita untuk menggali potensi di bidang olahraga tradisional. Dan seni foto grafis yang dimiliki pelajar agar dapat berkembang,” kata Sahbirin.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas pemuda dalam membudayakan olahraga tradisional agar mampu bersaing dengan pemuda dari daerah lainnya. 

“Jadi diharapkan generasi muda banua jangan takut bermimpi, jangan takut memiliki cita-cita yang tinggi dan jangan malas dalam belajar,” ujarnya.

Ia berpesan kepada peserta lomba agar berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi dan menjadi yang terbaik antara yang terbaik inilah kesempatan terbaik kalian untuk menunjukan potensi dan prestasi di Tingkat Provinsi. 

Sementara itu, Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Muhammadun menambahkan kegiatan lomba olahraga tradisional ini diikuti ratusan pelajar tingkat SMA se-Kalsel. 

“Jadi lomba ini diikuti ratusan pelajar dengan cabang perlombaan balogo, bagasing, egrang, dan hadang dan total hadiah direbutkan puluhan juta rupiah,” katanya.

Untuk diketahui kegiatan ini juga dirangkai dengan pelaksanaan vaksinasi bagi para pelajar SMA tingkat Provinsi yang mengikuti lomba ini. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai