Rayakan Hari Museum Nasional, Pemprov Kalsel Akan Gelar Pameran Temporer

Peringati Hari Museum Nasional pada 12 Oktober 2022, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel melaksanakan Pameran Temporer di halaman Museum Waja Sampai Kaputing (WASAKA).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan Raudati Hildayati, mengatakan, Pameran Temporer ini berisi barang bersejarah yaitu “Wafak” dan “Mandau” khas Kalsel.

“Kali ini Museum Wasaka, Museum Lambung Mangkurat dan Museum Rakyat Perjuangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan bekerja sama untuk menampilkan benda bersejarah yang dimiliki Kalsel,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (11/10/22).

Lanjut, selain museum yang ada di Kalsel pihaknya juga melibatkan beberapa komunitas seperti Komunitas Wasi Pusaka Banua dan Asosiasi Antropologi Indonesia.

Lalu, Pameran Temporer ini kedua kalinya digelar oleh Museum Wasaka, untuk tahun ini mengangkat tema “Museum sebagai Sumber Inspirasi Bangsa”.

“Maksud dari tema tersebut karena sebelumnya museum sempat ditutup hampir 2 tahun, maka kami ingin memperkenalkan kembali kepada masyarakat bahwa di dalam museum tersebut berisi seluruh sejarah yang membangun negara ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Provinsi Kalsel, Arry Risfansyah menambahkan Pameran Temporer ini akan dilaksanakan mulai 12 hingga 15 Oktober 2022.

“Pada pameran tersebut akan banyak kegiatan seperti lomba basumpit, seminar barang bersejarah dan diskusi tentang pembuatan video pendek,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai