Siapkan Keselamatan Mudik, Dishub Kalsel Tunggu Keputusan Kemenhub

Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Rusdiansyah, Banjarmasin, Kamis (7/4/2022). MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui
Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menunggu keputusan Kementerian Perhubungan terkait pemeriksaan fisik angkutan umum yang akan beroperasi saat mudik.

“Kemarin sudah ada rapat koordinasi secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Perhubungan yang melibatkan seluruh instansi tingkat nasional serta diikuti Kepala Dinas Perhubungan se-Indonesia,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Rusdiansyah, Banjarmasin, Kamis (7/4/2022).

Rusdi mengatakan, nantinya akan dilakukan ramp check (inspeksi keselamatan) terhadap angkutan-angkutan umum guna meningkatkan keselatamatan perjalanan menyambut Idulfitri 1443 H.

“Kita merencanakan kegiatan akan kita lakukan di Terminal Induk Km 6 yang merupakan kewenangan provinsi, nanti akan ada posko untuk kegiatan ramp check. Selain pengecekan untuk sarana angkutannya, juga dilakukan tes kesehatan (narkoba) bagi sopir,” ujar Rusdi.

Rusdi menyebutkan, ramp check meliputi hal mendasar seperti kondisi setir (kemudi), ban, spion, lampu sein, dan lainnya. Pemeriksaan tersebut juga akan dilakukan di Terminal Gambut Barakat (Banjar) melalui koordinasi dengan BPTD XV Kalsel yang memiliki kewenangan.

Selain memastikan keamanan angkutan umum dan sopir, Rusdi mengatakan pihaknya juga akan menjalankan aturan perjalanan darat yang mewajibkan pelaku perjalanan menunjukkan sertifikat vaksin booster dan PCR 3 x 24 jam atau antigen 1 x 24 jam jika belum melakukan vaksinasi booster.

“Pelaku perjalanan diwajibkan menunjukan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Insya Allah saat posko nanti juga akan disediakan posko untuk kegiatan vaksinasi yang mana akan dikoordinasikan dengan Dinkes Kalsel,” kata Rusdi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai