Tagana Kalsel Siapkan Berbagai Permainan Latih Motorik dan Kekompakan Penyandang Disabilitas

Permainan ular tangga pada kegiatan outbound klien Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran, di Kiram Park Kabupaten Banjar, Rabu (7/7/2021).

Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalimantan Selatan menyiapkan berbagai permainan pada outbound yang digelar Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran, di Kiram Park Kabupaten Banjar, Rabu (7/7/2021).

Outbound diikuti 20 klien (peserta pelatihan) dari 7 kabupaten/kota di Kalsel, sebagai awal dari pelatihan keterampilan yang akan dilaksanakan hingga Desember mendatang.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Kalsel, Achmadi, mengatakan outbound bisa melatih kemampuan motorik klien melalui berbagai permainan yang disediakan.

“Ada 5 permainan dengan 5 tim, terdiri dari 1 tim ada 4 klien mengikuti outbound dengan durasi 15-20 menit dalam 1 permainan. Para klien panti yang mengikuti outbound dapat berkembang dengan cara berimprovisasi diri artinya dengan kondisi seadanya dalam artian disabilitas bisa percaya diri dan mengembangkan bakat dirinya, itulah tujuan kami ,” kata Achmadi.

Tujuan lainnya, lanjut Achmadi, agar klien memiliki jiwa kepemimpinan sehingga mampu memotivasi klien lainnya.

“Ada permainan ular tangga yaitu bagaimana kita memotivasi diri agar mendapatkan yang baik dan punya kemampuan bisa berkembang walaupun memiliki keterbatasan tetapi tetap mempunyai kesempatan yang sama dengan anak lainnya,” tambah Achmadi.

Achmadi berharap, outbound dapat membangun keakraban antar klien yang sebelumnya tidak saling mengenal, dan mendorong untuk bersama-sama mengembangkan diri melalui kolaborasi dan komunikasi yang baik.

“Sehingga menjadi tim yang bagus selama enam bulan nantinya dididik, dibina dan dilatih di Panti RSPD Iskaya Banaran,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai