Perpustakaan Pemprov Kalsel Akan Tingkatkan Layanan dan Fasilitas Bagi Teman Tuli

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) berencana untuk melakukan peningkatan layanan dan fasilitas bagi teman tuli.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar menyebutkan, hal itu sebagai bentuk komitmen pihaknya dalam memajukan literasi agar minat baca bagi teman tuli dan penyandang disabilitas agar lebih meningkat.

“Kami berencana nanti akan menambah buku yang diperlukan mereka, untuk memberikan kesejahteraan bagi teman tuli. Karena perpustakaan itu juga wadah bagi mereka untuk menambah informasi dan ilmu pengetahuan,” kata Wildan melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, Staf Bidang Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Literasi Kalsel, Laila mengatakan, minat baca bagi kaum disabilitas saat ini masih rendah.

“Ada kesulitan saat komunikasi antara teman dengar dan teman tuli, ini yang nantinya perlu ditingkatkan,” jelas Laila.

Ia pun mengharapkan kegiatan positif seperti sosialisasi yang sudah dilakukan bersama teman tuli akan berdampak pada peningkatan minat baca dan kemajuan literasi di Banua. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai