Peduli Warga Terdampak Covid-19, IKA SMAN 1 Banjarmasin Salurkan Bantuan Sembako

Ketua IKA SMA Negeri 1 Banjarmasin, Abdul Haris (kiri) memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19 di Banjarmasin, Kamis (21/5/2020). MC Kalsel/tgh

Dampak pandemi Covid-19 membuat banyak pihak tergerak untuk membantu sesama khususnya masyarakat yang terdampak. Seperti yang dilakukan oleh Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Banjarmasin, yang turut membagikan sembako untuk masyarakat Banjarmasin.

“Kami dari Pengurus IKA SMA Negeri 1 Banjarmasin berinisiasi mengumpulkan donasi dari para alumni,” kata Ketua IKA SMA Negeri 1 Banjarmasin, Abdul Haris usai kegiatan, Kamis (21/5/2020).

Donasi yang terkumpul mencapai hingga Rp140 juta. Paket sembako disalurkan kepada masyarakat untuk dapat mencukupi kebutuhan harian mereka yang sulit beraktivitas di tengah wabah ini.

Untuk mekanisme penyaluran, masing-masing alumni diminta mendata warga di sekitar tempat tinggalnya yang dinilai pantas mendapatkan bantuan. “Kami para alumni mendata terlebih dahulu warga yang pantas diberikan paket sembako,” ungkapnya.

IKA SMA Negeri 1 Banjarmasin foto bersama usai menyalurkan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Banjarmasin, Kamis (21/5/2020). MC Kalsel/tgh

Selain itu, pembelian bahan sembako juga dilakukan langsung di warung-warung para alumni SMA Negeri 1 Banjarmasin. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian agar mata pencaharian para pedagang tidak terputus.
“Kalau kita beli di pasar agak mahal, mending kita manfaatkan warung para alumni,” bebernya.

Sebagai ketua, Haris juga bersyukur atas kepedulian dan dukungan yang ditunjukkan para alumni. Meski hanya berperan sedikit dengan mendonasikan sebagian harta mereka, namun ini dinilai berguna untuk kepentingan sosial.

“Saya pikir ke depan ada mekanisme program yang lebih terprogram dengan baik lagi. Sehingga kegiatan sosial ini dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Muhammad Rosrizal Rustam selaku alumni mengatakan dengan adanya kegiatan sosial seperti ini merupakan wujud kepedulian dari IKA SMA 1 Banjarmasin. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini cukup membuat semua kalangan ikut kewalahan.

“Mudah-mudahan bantuan paket sembako dari para Alumni SMA Negeri 1 ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *