Penyatuan Tanah dan Air Nusantara, Gubernur Kalsel Bawa Air dari Martapura

Gubernur Kalimantan Selatan (kanan) Sahbirin Noor, saat menyerahkan tanah kepada Presiden RI, Joko Widodo (kiri) dalam proses penyatuan tanah dan air seluruh Provinsi di Kaltim.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor membawa tanah dan air dari Kalimantan Selatan ke titik 0 kilometer Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal tersebut dilakukan sebagai permintaan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mengumpulkan semua Gubernur di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser sekaligus mengumpulkan tanah dan air dari semua Provinsi.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, HM Syafranuddin mengatakan, saat berkumpul nantinya, semua gubernur diminta membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing Provinsi ke IKN.

Sementara Pemerintah Provinsi Kalsel dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dengan membawah tanah yang diambil dari Desa Dalam Pagar dan air yang diambil dari sumur bernilai historis religius di tengah kota Martapura.

“Ini merupakan wujud keikut sertaan dan partisipasi dari Pemerintah Provinsi Kalsel dalam mendukung pembangunan IKN,” sebut Sahbirin Noor, Senin (14/3/2022).

Dalam siaran langsung Sekretariat Presiden bertajuk “Live Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022”, Sahbirin Noor menyerahkan bongkahan tanah dan air yang dikemas menggunakan kain sasirangan kepada Presiden.

Selanjutnya seluruh Gubernur menyerahkan tanah dan air kepada Presiden untuk kemudian disatukan dalam kendi, hal ini dilakukan sebagai prosesi penyatuan tanah dan air nusantara.

Usai pelaksanaan penyatuan tanah dan air nusantara, Presiden bersama sejumlah gubernur melakukan penanaman pohon.

“Filosofi penyatuan tanah dan air dari seluruh Provinsi memiliki makna Negara Republik Indonesia adalah sebuah negara besar milik rakyat dan harus dirawat, dijaga bersama seluruh rakyat Indonesia,” tambah Sahbirin. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai