Dispora Kalsel Seleksi Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Tahun 2022

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan seleksi Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) di Hotel Berbintang Banjarmasin, Selasa (8/3/2022). MC Kalsel/tgh

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan seleksi Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) di Hotel Berbintang Banjarmasin.

Pemilihan Pepelingasih dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah dan kegiatan digelar dari tanggal 7-10 Maret 2022 diikuti 26 peserta dari 13 Kabupaten/Kota.

Dikesempatannya, Hermansyah mengatakan program pemuda peduli lingkungan asri dan bersih untuk memberikan kesempatan kepada pemuda dengan berbagai disiplin ilmu sebagai penerima manfaat kualitas hidup yang baik.

Untuk itu, peran pemuda harus dapat dioptimalkan sebagai subjek atau pelaku dari berbagai upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup seperti daur ulang sampah, pengurangan penggunaan sampah plastik dan penanaman pohon.

Oleh karena itu, melalui seleksi Pepelingasih menjadi ajang menjaring pemuda harapan Kalsel yang bisa membawa perubahan, khsusunya di bidang lingkungan.

“Mereka kita seleksi, agar nantinya menghasilkan pemuda yang akan menjadi motor atau penggerak lingkungan,” kata Hermansyah, Selasa (8/3/2022).

Ia berharap yang nanti akan terpilih menjadi duta pemuda Pepelingasih Kalsel dapat menggerakkan pemuda di daerah agar peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, Muhammad Nashir selaku Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas dan Kreativitas Pemuda Dispora Kalsel menambahkan tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap mental bagi pemuda tentang lingkungan asri dan bersih.

“Tujuan selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan lingkungan dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dalam upaya meningkatkan kegiatan pemuda lingkungan asri dan bersih di Kalsel,” kata Nashir.

Untuk diketahui Pemuda pemudi terbaik di ajang seleksi tingkat Provinsi ini nantinya akan menjadi wakil Kalimantan Selatan untuk bersaing di tingkat Nasional. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai