Siapkan Pengamanan Idulfitri 1442 H, Pj Gubernur Kalsel Ajak Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA (tengah) menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Idulfitri 1442 Hijriah, di Banjarmasin, Selasa (27/4/2021). MC Kalsel/Ar

Dalam rangka persiapan pengamanan Idulfitri 1442 Hijriah, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kita akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat agar perayaan Idul Fitri bisa berlangsung dalam kondisi lancar dan tetap bisa mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan baik,” kata Safrizal pada Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral, di Banjarmasin, Selasa (27/4/2021).

Dikatakan Safrizal, rakor tersebut sebagai upaya bersama untuk bersinergi dan mematangkan persiapan dalam pengamanan Idulfitri tahun ini.

“Pengamanan yang kita siapkan di masa pandemi COVID-19 lebih ketat dan kondisinya lebih rumit dibandingkan dengan pengamanan menyambut lebaran sebelum masa pandemi. Ini tentunya agar masyarakat bisa menikmati kenyamanan dalam menyambut lebaran khususnya kenyamanan dalam perjalanan, kenyamanan dalam mengakses fasilitas publik lainnya termasuk terjaminnya ketersediaan dan distribusi kebutuhan pokok ke berbagai wilayah di Kalsel,” ujar Safrizal.

Ditegaskan Safrizal, semua pihak harus berupaya maksimal agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19, akibat tidak terkendalinya pengamanan dalam menyambut Idulfitri 1442 H.

“Oleh karena itu, di setiap ruang publik seperti pusat perbelanjaan, pasar tradisional, wilayah terminal, dan tempat-tempat pertemuan sosial lainnya, dilakukan pemeriksaan dan jangan sampai lengah dengan pengabaian prokes dari pemakaian masker, ketersediaan tempat cuci tangan, jaga jarak sosial, serta mencegah terjadinya kerumunanan,” kata Safrizal.

Dikatakan Safrizal, jajaran TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya sudah melakukan berbagai antisipasi untuk memastikan situasi dan kondisi di berbagai aktivitas masyarakat bisa dikendalikan.

“Maka dari itu, sangat perlu koordinasi lintas sektoral dan unsur pemerintah daerah serta masyarakat harus berkoordibasi dengan baik,” tutur Safrizal.

Safrizal pun berpesan kepada semua pihak untuk menguatkan koordinasi, demi terwujudnya situasi daerah yang kondusif, baik dari sisi keamanan maupun kenyamanan dalam menyambut Idulfitri 1442 H.

“Kita buktikan kepada seluruh masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik, perlindungan yang terbaik dan memberikan upaya yang maksimal untuk menghadirkan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat,” tukas Safrizal. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai