Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Kalsel

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA saat memberikan keterangan terkait Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang dilaksanakan di kantor Gubernur jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, Senin (26/4/2021). MC Kalsel/Fuz

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA hadiri Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang dilaksanakan di kantor Gubernur jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin.

Peringatan HKB ini dirangkaikan dengan pelaksanaan simulasi penanggulangan kebakaran pada gedung atau kantor serta evakuasi korban.

Safrizal memandang pentingnya peringatan HKB seperti ini sebagai sarana pelatihan dan kesiapan.

“Peringatan pada hari ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan kita semua agar selalu siap siaga menghadapi segala kemungkinan bencana,” ujarnya, Senin (26/4/2021).

Negara Indonesia sendiri berada dalam Ring of Fire, di antara berbagai patahan lapisan kerak bumi, alam yang bergunung-gunung kemudian banyak sungai dan laut yang luas serta semuanya memiliki potensi bencana.

Semua masyarakat diimbau kiranya harus mengetahui potensi bencana yang mungkin menimpa setiap masyarakat berdasarkan jenis dan melakukan persiapan-persiapan dalam menyelamatkan diri.

“Pemerintah menyiapkan tempat-tempat penyelamatan diri sementara, tapi masyarakat harus mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan untuk pertama kalinya,” tambah Safrizal.

Tujuan pelaksanaan HKB ini sendiri yakni tujuan bersama menuju satu cita-cita, menuju minimum victims sekecil mungkin korban jiwa bagi masyarakat karena kesiapan yang dilakukan. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai