Pemprov Kalsel Hadirkan Buya Arrazy Hasyim Peringati Isra Miraj

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor saat memberikan sambutan dalam peringatan Isra Miraj di gedung Idham Chalid Banjarbaru, Rabu (2/2/2022).

Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti peringatan Isra Miraj di gedung Idham Chalid Banjarbaru, Rabu (2/2/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menyampaikan rasa syukur atas peringatan Isra Miraj tahun ini dengan menghadirkan Buya Dr. Arrazy Hasyim, MA untuk memberikan tausiah.

“Khusus bagi saya merupakan sebuah kebanggaan dengan kehadiran Buya Arrazy Hasyim, saya berpesan kepada semua untuk fokus sejenak mengikuti peringatan ini dan dapat memetik hikmah yang disampaikan oleh beliau,” ucap Sahbirin.

Sementara itu, Buya Arrazy Hasyim menyampaikan hikmah Isra Miraj diawali dengan menjabarkan nama Sahbirin yang artinya “Orang Sabar”.

“Semoga Allah memberikan sifat sabar kepada beliau dan kita semua, dan perlu diketahui jika sabar itu ada dua, sabar nafsiah dan sabar ruhiah,” ujar Abuya Arrazy Hasyim.

Disebutkan untuk sabar nafsiah tidak dianjurkan, sebab kesabaran itu tidak kuat, hal tersebut serupa dengan sabar atas gejolak kejiwaan yang temporal.

Melainkan dianjurkan untuk mengamalkan sabar ruhiah, sabar rohani yang erat dengan keikhlasan.

“Mintalah kesabaran rohani dengan keikhlasan kepada Allah SWT,” lanjut Buya Arrazy.

Hikmah selanjutnya disampaikan dengan pemahaman sejarah Isra Miraj yang dilakukan oleh Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.

“Isra Miraj itu merupakan dua kejadian, lima kali Miraj dan satu kali Isra ada di hadist Imam Bukhari”.

Sedangkan Isra Miraj kepada nabi-nabi lainnya juga disebutkan ada yang mengalami, hanya saja dijalani dengan rohani. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai