Dinas TPH Kalsel Pastikan Stok Beras Aman

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman di ruang kerjanya, Banjarbaru, Senin (13/12/2021). MC Kalsel/usu

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pastikan stok beras di Kalsel aman dan tercukupi.

Kepala Dinas TPH Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan produksi beras di Kalsel sampai bulan Desember ini kurang lebih 1,1 juta ton.

“Itu hanya sampai saat ini, akan tetapi pada akhir bulan nanti akan ada panen lagi. Jadi pastinya jumlah produksi akan bertambah,” ucapnya, Banjarbaru, Senin (13/12/2021).

Ia menerangkan hampir semua Kabupaten/Kota yang akan mengalami panen, yaitu Kabupaten Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Tanah Bumbu, Balangan dan Kota Banjarbaru .

Syamsir menegaskan untuk masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan stok beras walaupun dengan cuaca seperti ini.

“Karena kebutuhan beras untuk masyarakat sekitar 400 ribu ton dengan total 4,3 juta jiwa per tahunnya. Artinya dengan jumlah yang ada kita sudah bisa mencukupi. Dan untuk produksi padi tahun ini kita juga mengalami surplus,” tuturnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai