Pemprov Kalsel Ikut Rakernas Evaluasi Pelayanan Haji 2023

Kepala Bagian Bina Mental dan Spiritual Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kalsel, Fahrurazi

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kepala Bagian Bina Mental dan Spiritual Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kalsel, Fahrurazi turut menghadiri Rapat Kerja Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1444H/2023M di salah satu hotel di Bandung, Jawa Barat.

“Dalam pelaksanaan rakernas ini sebagai evaluasi penyelenggaraan haji, mulai dari sebelum keberangkatan hingga pemulangan jemaah haji,” sebut Fahrurazi, Rabu (6/9/2023) malam.

Pembahasan terkait dengan keberhasilan dan kekurangan pelayanan dilaporkan dan didiskusikan untuk mempelajari masalahnya, sehingga dijadikan pembelajaran untuk tahun-tahun selanjutnya.

“Jadi tidak hanya keberhasilan dalam pelayanan terhadap jamaah yang dibahas, namun berbagai kekurangan atau ketidakpuasan jamaah juga menjadi pembahasan tentunya untuk perbaikan layanan haji di tahun yang akan datang,” lanjutnya.

Adapun yang sudah baik dipertahankan dan terus ditingkatkan sedangkan yang kurang baik akan dicarikan solusi atau standar operasional prosedur yang tepat, jelas, dan terukur.

Pelayanan kepada jemaah memang tidak mudah, di mana kuota 221 ribu jamaah dan sekitar 61 ribu atau 30 persennya adalah jamaah lansia.

“Dengan demikian secara umum pelayanan jamaah haji tahun 2023 ini dapat dikatakan sukses dan berhasil karena tahun ini mengangkat tema layanan jamaah ramah lansia benar benar dilaksanakan,” ujarnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai