Dinsos Kalsel Berikan Bantuan Tanggap Darurat bagi Korban Kebakaran di Batola

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani, saat memberikan bantuan bagi korban kebakaran di Batola.

Dinas Sosial Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Desa Tinggiran II Luar RT 06 Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala yang menghanguskan delapan rumah warga pada Minggu (25/4) kemarin.

Bantuan yang diserahkan berupa matras, selimut wool, perlengkapan anak, peralatan dapur, makanan siap saji, makanan anak, paket sandang, kasur, tenda gulung, air mineral, sembako, masker, danhand sanitizer.

“Telah kita serahkan kemarin, Senin (26/4) dengan perwakilan karena kita meminimalisir penyebaran COVID-19, jadi hanya simbolis. Kita disambut Camat Tamban, Kapolsek serta jajaran,” ujar Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani, Banjarmasin, Selasa (27/4/2021).

Dikatakan Nuriyani, dari delapan rumah tersebut, lima buah rumah ludes terbakar, sedangkan tiga buah lainnya mengalami kerusakan sekitar 25-40 persen.

“Menurut info awal itu ada korsleting listrik karena api pertama kali terlihat di atas, sekarang masih dalam tahap penyelidikan. Ini yang terdampak ada lebih dari lima, dan dari Pambakalnya melapor ke kita maka bisa kita berikan bantuan barang peralatan masak dan juga paket sandang selama masih ada,” ucap Nuriyani.

Untuk mengantisipasi musibah serupa, Nuriyani pun berpesan kepada masyarakat agar mengecek secara berkala kabel listrik di rumah, kabel yang terkelupas dan berhati-hati saat meninggalkan kompor ketika memasak.

“Colokan listrik jangan lebih dari satu karena itu sangat berbahaya. Faktor bangunan lama juga jadi kita harus lebih rajin memeriksa kabel-kabel. Dan juga kali ini bulan Ramadan, kadang ibu-ibu saat memasak bisa ketiduran dan lupa mematikan kompor. Maka diharapkan agar selalu berhati-hati,” tukasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai