BBPOM Prioritaskan Pembinaan UMKM dan Peningkatan Pengawasan Obat dan Makanan Ilegal

Berfoto bersama usai melaksanakan Serah terima jabatan Kepala Balai Besar POM di Banjarmasin dari Plt Kepala, Ary Yustantiningsih kepada Kepala BBPOM di Banjarmasin yang baru Leonard Duma di Kantor BBPOM, Banjarmasin, Rabu (21/4/2021). MC Kalsel/tgh

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Banjarmasin menggelar acara serah terima jabatan Kepala Balai Besar POM di Banjarmasin dari Plt Kepala, Ary Yustantiningsih kepada Kepala BBPOM di Banjarmasin yang baru Leonard Duma di Kantor BBPOM, Banjarmasin.

Usai serah terima jabatan, Kepala BBPOM di Banjarmasin Leonard Duma mengatakan  akan memprioritaskan dua program yaitu pembinaan kepada UMKM dan peningkatan pengawasan obat dan makanan ilegal.

“Dua program itu akan kita prioritaskan kedepannya seperti pembinaan, pendampingan dan pelayanan kepada UMKM, obat dan makanan akan kita bantu dari mereka untuk bisa mendapatkan izin edar dari BBPOM. Serta meningkatkan pengawasan terkait peredaran obat dan makanan ilegal akan kita cegah beredarnya produk obat dan makanan yang tidak aman untuk di konsumsi oleh masyarakat,” kata Kepala BBPOM di Banjarmasin, Leonard Duma, Rabu (21/4/2021).

Dalam pengawasan obat dan makanan, lanjut Leonard, pengawasan berbasis digital lebih dikedepankan kepada masyarakat yang cerdas.

“Pengawasan berbasis digital itu menggunakan BBPOM mobile sehingga masyarakat bisa mengecek izin edar sebelum mengonsumsi obat dan makanan yang diproduksi,” ujar Leonard.

Leonard pun mengimbau kepada masyarakat untuk bisa menjadi konsumen yang cerdas dalam Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa (Cek KLIK) dan pastikan kemasan masih baik, baca label dengan teliti, memiliki izin edar dan pangan yang akan di konsumsi belum kedaluwarsa.

“Jadi, kami menginginkan konsumen yang cerdas yang mampu melindungi diri karena kami lebih memberdayakan masyarakat. Pilihlah tempat penjualan yang bersih karena penyakit dalam pangan itu, hanya bisa terdeteksi di Laboratorium,” tukas Leonard. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai