DLH Kalsel Upayakan Mempertahankan Keanekaragaman Hayati di Hari Lingkungan Hidup 2020

Kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yamg diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel. MC Kalsel

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan memperingati Hari lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2020 dengan menggaungkan kepada dunia bahwa inilah waktu bagi alam, “Time For Nature”.

Peringatan hari lingkungan hidup mengusung tema “Keanekaragaman Hayati”, memberikan seruan kepada kita untuk bertindak guna memerangi percepatan kepunahan spesies tumbuhan dan hewan di dunia.

Sejak kehidupan dimulai di Bumi, lima kepunahan massal besar dan beberapa peristiwa kecil telah menurunkan keanekaragaman hayati secara besar dan mendadak. Sejak munculnya manusia, pengurangan keanekaragaman hayati dan hilangnya keanekaragaman genetik terus berlangsung.

Peristiwa ini dinamakan kepunahan Holosen, yaitu pengurangan yang terutama diakibatkan oleh manusia, terutama penghancuran habitat Sebaliknya, keanekaragaman hayati memberi pengaruh positif terhadap kesehatan manusia melalui berbagai cara. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan periode tahun 2011–2020 sebagai Dekade Keanekaragaman Hayati PBB.

Sebagai penghuni Bumi, dimasa Pandemi ini sudah semestinya kita BERTINDAK untuk menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan.

Dimulai dengan aktivitas sederhana di rumah seperti penanaman pohon, merawat makhluk hidup yang ada di sekitar kita, penghematan air, listrik, pemilahan sampah dan lainnya. Lingkungan hidup yang baik dan sehat akan memberikan dampak yang baik pula untuk kehidupan kita.

Kepala Dinas Lingkuan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengajak agar kita bersama-sama mendedikasikan diri dalam pelestarian lingkungan. Dalam upaya-upaya kita untuk menjaga keanekaragaman hayati.

Di momentum yang berharga ini, Gubernur Kalimantan Selatan mengajak kepada seluruh warga Banua untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup beserta keanekaragaman hayati yang ada.” Kepedulian kita terhadap lingkungan hari ini akan membawa kehidupan besok yang lebih baik. “Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia” ucapnya, Selasa (9/6/2020).

Dalam peringatan Hari lingkungan hidup DLH Kalsel banyak menggelar kegiatan seperti Challenge, Gerakan peduli lingkungan oleh karyawan/ti dinas prov. kalsel, Penyerahan Tempat Sampah, Belajar dari alam Webinar, lomba foto. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan