Dinas PMD Kalsel Fokus Tingkatkan IDM Menuju Desa Mandiri

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli memnerikan sambutan pada Bimbingan Teknis Upaya Pembangunan Desa, di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Selasa (10/3/2020).

Guna meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Bimbingan Teknis Upaya Pembangunan Desa, Banjarmasin, Selasa (10/3/2020).

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli mengatakan tujuan penyusunan IDM untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa, dengan menyediakan data informasi dasar bagi pembangunan desa.

“Jadi berdasarkan data status desa pada Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019, menunjukkan adanya tren peningkatan status desa dimana tahun 2016 desa sangat tertinggal berada pada angka 254 desa dan hasil pemutakhiran terbaru tahun 2019 menunjukkan pada angka 28 desa,” katanya.

Data tersebut kemudian menghasilkan peta IDM sebagai dasar informasi awal yang menjadi masukan dalam formulasi perencanaan.

Zulkifli berharap Bimtek tersebut dapat membuat program dan kegiatan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah lebih terarah dan tepat sasaran dalam menunjang peningkatan status desa.

“Kami juga berharap desa dapat menyusun perencanaan berdasarkan kebutuhan untuk mencapai tujuan dan sasaran peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” tukas Zulkifli.

Selain Bimtek, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para pendamping desa 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan oleh Sekretariat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih