Edukasi dan Sosialisasi Saving Bond Ritel (SBR007) di Kantor Perwakilan BI Koordinator Wilayah Kalimantan


Dalam rangka mendukung Program Pemerintah untuk penerbitan instrumen pembiayaan negara, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Koordinator Wilayah Kalimantan (KPw BI Koordinator Kalimantan) memfasilitasi Kementerian Keuangan untuk Edukasi dan Sosialisasi Cara Mudah Investasi SBR007 secara Online. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (15/7) dibuka oleh Herawanto, Kepala KPw BI Koordinator Kalimantan. Bertindak sebagai narasumber adalah Maria Meiliana C Siregar, Kasubdit Hukum dan Evaluasi Transaksi Surat Utang Negara-Kemenkeu, dan mitra agen SBR007 dari BNI, HSBC, dan Bareksa.

Dalam sambutannya, Herawanto menyampaikan bahwa SBR ini bertujuan untuk meningkatkan pembiayaan APBN, selain dari pajak dan sumber-sumber lainnya.

“Peningkatan pembiayaan negara diharapkan dapat semakin mendorong pembangunan dalam berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi” ujar Herawanto.

“Tujuan memajuan sektor ekonomi ini sejalan dengan berbagai kebijakan dari Bank Indonesia” lanjut Herawanto.
Selanjutnya, dalam paparannya, Maria Meiliana menyampaikan bahwa SBR007 ini merupakan alternatif investasi yang berisiko relatif kecil karena dijamin oleh negara.

“Dengan berinvestasi pada SBR007 ini maka masyarakat sekaligus berperan dalam mendukung pembiayaan pembangunan nasional” kata Maria.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Perwakilan Bank Indonesia KPw BI Koordinator Kaliantan tersebut juga dihadiri oleh OJK, Forkominda, kalangan perbankan, dan akademisi.

Menanggapi penerbitan SBR007 ini, M. Nurdin Subandi, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan, OJK Regional IX-Kalimantan menyampaikan bahwa OJK juga turut melakukan pengawasan terhadap lembaga-lembaga keuangan yang menjadi mitra distribusi SBR007.

“Kami melakukan pengawasan terhadap lembaga-lembaga keuangan termasuk lembaga keuangan yang menjadi mitra Kemenkeu ini” ujar Nurdin.

Seluruh proses pemesanan hingga transfr dana investasi SBR007 ini dilakukan secara online. Hal itu juga sejalan dengan pengembangan ekonomi digital yang saat ini sedang terus digencarkan oleh Bank Indonesia. Investasi SBR ini diharapkan dapat diminati oleh generasi muda yang sedang memulai berinvestasi. Humas – Mc Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan