Kadis Pariwisata Kalsel : Diperlukan Peran Swasta Dalam Pembangungan Pariwisata Daerah

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, H. Heriansyah memberikan sambutannya pada pembukaan Bimbingan Teknis Standarisasi Usaha Pariwisata Tahun 2018 Di G’sign Hotel, Banjarmasin, Senin (7/5) lalu. MC Kalsel/Ist

Usaha hotel mempunyai peran penting bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan danpenyelenggaraan pariwisata. Seiring dengan perkembangan dunia usaha perhotelan sebagai bagian dari usaha pariwisata yang semakin pesat, menuntut adanya penyediaan jasa akomodasi yang memenuhi standar usaha.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, H. Heriansyah pada pembukaan Bimbingan Teknis Standarisasi Usaha Pariwisata Tahun 2018 Di G’sign Hotel, Banjarmasin, Senin (7/5) lalu.

Menurutnya, hal tersebut telah diformulasikan dalam bentuk peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Nomor 6 Tahun 2014 Jo. Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Nomor Pm.53/Hm.001/Mpek/2013 Tentang Standar Usaha Hotel.

“Standar usaha hotel bertujuan untuk menjamin kualitas produk, pelayanan dan pengelolaan dalamrangka memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu danmemberikan perlingdungan kepada tamu, pengusahahotel, tenaga kerja serta masyarakat, baik untuk keselamatan, kesehatan, kenyamanan, keamanan, kemudahan dan pelestarian lingkungan hidup” tuturnya.

Salah satu strategi yang dilakukan dalam upaya mendukung tranformasi ekonomi tersebut, lanjutnya, adalah pengembangan pariwisata unggulan menuju Kalsel sebagai destinasi wisata nasional.

“Sudah barang tentu, tanggung jawab pembangunan kepariwisataan daerah tidak hanya terletak pada pemerintah daerah semata, namun sangat memerlukan keterlibatan masyarakat dan peran swasta, termasuk para pengusaha bidang perhotelan di Kalimantan Selatan” imbuhnya.

Kegiatan Bimtek Standarisasi Usaha Pariwisata dengan tema “Dengan Sertifikasi Hotel Menjamin Kualitas Produk Pelayanan Pengelolaan Untuk Kebutuhan Wisatawan” ini diikuti sekitar 87 orang peserta pelaku usaha hotel di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah laut, Dan Dinas PMPTSP baik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih