Gaya Hidup Sehat Untuk Ginjal Sehat

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah menyampaikan sambutan pada acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2017 di Aula RSUD Ulin, Banjarmasin, Kamis (16/3). MC Kalsel/tgh

Rumah Sakit Umum Daerah Ulin (RSUD) Provinsi Kalimantan Selatan Peringati Hari Ginjal Sedunia Tahun 2017 dengan Tema “Kidney Disease And Obesity, Healthy Lifestyle For Healthy Kidney,” di Aula RSUD Ulin Banjarmasin, Kamis (16/3).

Ketua Tim PKK Prov. Kalsel, Raudhatul Jannah dalam sambutannya mengatakan bahwa obesitas berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi. Kedua penyakit ini merupakan faktor resiko tertinggi penyakit ginjal kronik.

“Oleh karena itu peringatan hari ginjal se-dunia pada tahun ini berfokus pada edukasi tentang resiko obesitas dan hubungannya dengan penyakit ginjal,” ucapnya.

Data statistik dari WHO Tahun 2014, sekitar 600 juta orang dewasa di seluruh dunia menderita obesitas dan anak – anak dibawah 5 Tahun yang mempunyai berat badan berlebih mencapai 41 juta orang.

“Tingginya jumlah penderita obesitas ini menunjukkan tingginya potensi penderita penyakit ginjal kronik di masa depan,” Ungkapnya.

Salah satu langkah utama untuk menghindari penyakit ini, adalah melalui pencegahan obesitas dengan menurunkan berat badan yang berlebih. Hal yang paling efektif adalah menjalani gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur, beraktivitas fisik,  pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, mencegah stress serta melakukan istirahat yang cukup.

“Saya menghibau mari kita bersama–sama melaksanakan perilaku hidup yang sehat tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh kita termasuk kesehatan ginjal kita,” Tandasnya. (tgh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan