Tingkatkan Pelayanan, BPSMB Kalsel Bersiap Operasikan Alat Pengujian Mutu Karet

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani (kanan)/dok

Guna meningkatkan pelayanan, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan (Kalsel) baru saja melengkapi peralatan laboratorium pengujian mutu karet.

Dalam waktu dekat, peralatan tersebut akan diakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan rencananya akan siap digunakan pada awal tahun 2022 nanti.

“Alhamdulillah, atas dukungan Gubernur Kalsel bisa melengkapi peralatan laboratorium, direncanakan pada awal tahun 2022 peralatan tersebut sudah bisa beroperasional dan dimanfaatkan oleh perusaan crumb rubber, sehingga mereka tidak perlu lagi harus keluar daerah untuk memenuhi standar mutu karetnya,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, Banjarmasin, Jumat (5/11/2021).

Untuk memaksimalkan fungsi peralatan tersebut, Birhasani mengatakan Dinas Perdagangan Kalsel mendukung BPSMB Kalsel untuk menjalin kerja sama dengan Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) Yogyakarta.

“Pada hari jumat 29 Oktober 2021 telah dibahas bersama kedua pihak materi yang akan dikerjasamakan. Alhamdulillah setelah melalui proses pembahasan telah disepakati dan ditandatangani perjanjian kerja sama dimaksud, tentunya kerja sama tersebut akan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Birhasani.

Melalui kerja sama dan peralatan baru, Birhasani berharap pelaku usaha di Kalsel semakin mudah untuk menguji mutu karet, dengan waktu dan biaya yang lebih efisien.

“Tidak menutup kemungkinnan perusahaan karet di daerah tetangga, Kalteng-Tim juga provinsi lainnya bisa memanfaatkan keberadaan BPSMB Disdag Kalsel, dibalik semua itu tentunya akan meningkatkan kontribusi BPSMB dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi,” ujar Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai