HEWAN KURBAN DI KALSEL DIPASTIKAN SEHAT

Kepala Dinas perkebunan dan peternakan Kalsel, Suparni bersama seorang Dokter Hewan, Edi Santoso melakukan pemeriksaan kesehatan dan usia sapi di salah satu peternakan di Jalan Kurnia, Banjarbaru ( 31/ 8 ) siang.

H- 1 Idul Adha 1438 H tahun ini, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparni mendatangi salah satu peternakan di Jalan Irigasi, Kurnia Landasan ulin utara Kota Banjarbaru, Kamis, ( 31/ 8 ) siang .  Kedatangan Kadisbunak Kalsel dan dokter hewan ini untuk melakukan pemeriksaan sapi di peternakan H. Saefudin, yang merupakan salah satu peternak terbesar di Kalimantan Selatan.

Kepada Abdi Persada fm, dikatakan Suparni, Semua hewan sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan. Baik fisik dan usia. Untuk sapi bantuan presiden Joko Widodo yang juga ada di peternakan H. Saefuddin dikatakannya bobotnya saat ini sudah mencapai satu ton.

“ Jenis Limousin.  Ya, dirawat Pak Haji udin.  Peternakan ini binaan Disbunak Kalsel“ ujarnya.

Sementara itu, Dokter Hewan Edi Santosa membenarkan semua sapi sudah dilakukan pemeriksaan. Tidak ada penyakit, hanya beberapa yang masih belum mencapai usia dua tahun.

“ Sehat semua, sudah kita periksa.  Beberapa ada yang belum cukup dua tahun, tidak bisa dijadikan hewan kurban“ katanya.

Disbunak Kalsel bekerja sama dengan persatuan dokter hewan indonesia kalsel untuk memeriksa semua hewan kurban. Tim Pengawas Penyembelihan Hewan sudah disebar  disemua Kabupaten Kota.   Kadisbunak juga mengimbau semua pantia penyembelihan hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik hitam saat pembagian daging kurban. (RA/RDM)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan