ORANG HUTAN DI HAUR GADING JADI TEMPAT WISATA

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira memberikan keterangan kepada sejumlah awak media, seusai rapat paripurna DPRD Kalsel di Banjarmasin, Rabu (23/8/2017)

“Ditemukannya populasi Orangutan dalam jumlah besar di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara diyakini dapat menjadi salah satu keunggulan daerah setempat dari sektor pariwisata.”

Terlebih jumlah yang cukup besar itu didukung oleh ketersediaan habitat yang masih alami.  Kepada Abdi Persada Fm, Rabu (23/8) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira mengungkapkan temuan tersebut justru sangat menguntungkan daerah setempat untuk dapat menarik wisatawan terutama dari mancanegara yang lebih menyukai wisata berkonsep alam liar. Namun hal itu, menurutnya harus dengan kemauan dari pemerintah daerah untuk melakukan perubahan dan mengambil langkah pengelolaan yang lebih baik.

Tentunya dengan tetap mempertahankan keaslian habitat Orangutan dan melakukan pengawasan ketat untuk meminimalisir adanya perambahan hutan. Keberadaan habitat Orangutan di Kabupaten Hulu Sungai Utara dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang selama ini hanya dapat menikmati kehidupan alam liar di Tanjung Puting Kalimantan Tengah. Apalagi dengan jarak tempuh yang lebih singkat yakni hanya 4 hingga 5 jam, jauh lebih pendek daripada ke kawasan konservasi itu yang ditempuh selama 2 jam menyusuri sungai.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan