Samakan Persepsi, Pemprov Kalsel Sosialisasi dan Dampingi Tenaga Teknis Terkait Aplikasi e-Absen dan e-peformance

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel melaksanakan sosialisasi dan pendampingan teknis Aplikasi e-Absen dan e-peformance.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim mengatakan kegiatan ini sangat penting dalam rangka menyamakan persepsi untuk meningkatkan kinerja dan ini merupakan upaya dalam membangun Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

“Saat ini pelaksanaan SPBE kita indeksnya baik, tapi kita ingin meningkatkannya menjadi sangat baik,” katanya di Banjarbaru, Senin (22/7/2024).

Lebih lanjut dijelaskan, menurutnya masih ada yang harus dilakukan untuk mengejar predikat sangat baik. Karena pemerintah itu dinilai apakah sudah memanfaatkan elektronik sebagai upaya untuk menjalankan sistem pemerintahan.

Dari sistem tersebut, ada salah satu domain yang dinilai yaitu pelayanan administrasi pemerintahan, yang berkaitan dengan kinerja organisasi dan perorangan. Lalu kinerja ini dibuatkan dalam sistem elektronik di Pemprov Kalsel, berupa Aplikasi Kinerja (APIK) Kalsel.

“Di dalam APIK dapat melihat kinerja dari sisi personal dan organisasi. Untuk personal dapat dilihat dari e-absen, e-perfomance dan e-dialog. Sedangkan untuk organisasi di antaranya e-SAKIP,” jelasnya.

Untuk personal lebih rinci dijelaskannya, apabila ASN tidak melakukan absen tepat waktu ataupun kurang dalam bekinerja, maka akan mempengaruhi reward atau tunjangan yang diterima.

Oleh karena itu, diharapkan dari pertemuan yang dilaksanakan dari tanggal 22 hingga 24 Juli 2024, agar para admin aplikasi dapat menjelaskan dengan baik kepada teman-teman ASN, agar kinerjanya dapat terus meningkat.

“Dengan bekinerja yang baik, maka akan meningkatkan nilai pemerintahan yang dikaitkan dengan Reformasi Birokrasi dan juga SPBE itu sendiri,” tutupnya. MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai