Pemprov Kalsel Gencarkan Edukasi Seni Budaya

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan terus memperkenalkan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki Kalimantan Selatan kepada generasi muda.

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti bahwa kunjungan sekolah ke Taman Budaya, merupakan salah satu cara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam memperkenalkan seni dan budaya sejak dini.

“Alhamdulillah, dari data yang kami miliki mulai Januari hingga Februari sudah ada 364 kunjungan mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas,” ucapnya, Banjarmasin, Kamis (15/2/2024).

Ia menerangkan, dalam kunjungan sekolah, mereka dibawa mengunjungi ke Gumilang Kaca, Bengkel Lukis, kemudian Gedung Balairung Sari untuk diberikan materi, lalu ke Galeri Seni dan mereka diperkenalkan beragam alat musik tradisional seperti Gamelan dan Angklung.

Selain memperkenalkan alat musik, pihaknya juga mengajak para generasi muda untuk bermain permainan tradisional seperti permainan Balogo, enggrang dan bakiak.

“Kami ingin para generasi muda bisa mengenal alat musik dan permainan tradisional di Banua secara langsung,” terangnya.

Suharyanti mengatakan dalan satu minggu, pihaknya menerima kunjungan pada hari rabu dan kamis dengan berbagai kegiatan dalam menjalankan Kurikulum Merdeka yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau dikenal (P5), guna mengembangkan kompetensi dan karakter.

“Bagi yang ingin berkunjung ke Taman Budaya, dapat menyampaikan surat secara langsung ke Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan, berlokasi di Jalan Kayu Tangi Hasan Basri Banjarmasin,” ungkapnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai