Pelatihan Tata Kelola Pokdarwis, Pemprov Kalsel Berkomitmen Wujudkan Destinasi Wisata Ramah Anak

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel berkomitmen untuk mewujudkan objek atau destinasi wisata yang ramah anak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dispar Provinsi Kalsel, M Syarifuddin diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Mugeni pada Pelatihan Tata Kelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Kamis (15/2/2024).

Mugeni pun menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk menguatkan struktur dan fungsi organisasi kelembagaan Pokdarwis sebagai salah satu bentuk tindak lanjut dari komitmen tersebut.

“Pokdarwis sebagai garda terdepan dalam mengelola destinasi wisata yang ada di wilayahnya harus mengerti apa itu destinasi atau objek wisata yang ramah anak,” kata Mugeni.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata, Musrefinah Lediya menambahkan, yang dimaksud destinasi wisata ramah anak yakni objek wisata yang dilengkapi dengan informasi edukasi bagi anak-anak.

“Alhamdulillah saat ini sudah ada beberapa wilayah yang mulai fokus mengembangkan destinasi wisata ramah anak,” ujar Lediya.

Dari pihak provinsi sendiri, lanjutnya, juga telah memberikan bantuan fisik kepada sejumlah destinasi wisata di Kalsel seperti mini outbond untuk anak-anak, dan gazebo khusus.

Kedepan Dia berharap, Pokdarwis dan pengelola destinasi wisata juga bisa berfokus mengembangkan fasilitas yang ramah untuk anak.

“Apalagi pada saat hari libur panjang itu, yang sering mengajak untuk berwisata itu adalah anak, sehingga sudah semestinya para pengelola menyediakan fasilitas dan prasarana yang ramah anak,” ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti sejumlah perwakilan anggota Pokdarwis di Kota Banjarmasin ini turut menghadirkan narasumber seperti Kabid Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Kalsel, Andrian Anwary, kemudian Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga Banjarmasin, Emil Salim, dan HRD Grand Qin Hotel Banjarbaru, Raden Agoes Salim Joko Supriyanto. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai