Apel Siaga Menghadapi Masa Tenang Pemilu, Gubernur Kalsel Berpesan untuk Menjaga Kondusifitas di Banua

Foto bersama pada Apel Siaga Menghadapi Masa Tenang, Pemungutan, dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Halaman Pemerintah Kota Banjarmasin, Rabu (7/2/2024). MC Kalsel/Jml

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga suasana kondusif pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Sahbirin diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel Heriansyah pada pelaksanaan Apel Siaga Menghadapi Masa Tenang, Pemungutan, dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Halaman Pemerintah Kota Banjarmasin, Rabu (7/2/2024).

Heriansyah menuturkan, dalam rangka menjaga suasana kondusif hingga pelaksanaan Pemilu serentak ini selesai diperlukan komitmen dari semua pihak, khususnya penyelenggara Pemilu, unsur pemerintahan, aparat keamanan, serta para peserta Pemilu.

“Dalam suasana yang baik ini, saya mengajak kepada kita semua, untuk terus menegakkan dan memperkuat komitmen guna menyukseskan Pemilu. Terus jaga suasana kondusif di Banua, hormati dan taati berbagai aturan dan tahapan pelaksanaan Pemilu yang telah ditetapkan,” kata Heriansyah.

Dia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga tali silaturahmi, persaudaraan, dan kekeluargaan ditengah pelaksanaan Pemilu ini.

“Beda surat suara yang kita coblos, jangan sampai membuat tali persaudaraan terputus. Terus juga persatuan dan kesatuan yang telah kita bina selama ini,” tegasnya.

Merespon hal tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalsel, Aries Mardiono mengaku telah memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk terus siaga mengawasi aktivitas kampanye agar seusai dengan prosedur yang ditetapkan.

“Pada masa tenang nanti kita akan minta kepada seluruh jajaran Bawaslu untuk melaksanakan Apel dan penertiban alat kampanye untuk menjaga ketenangan para pemilih dalam menentukan pilihannya,” kata Aries.

Lebih jauh, Dia juga mengungkapkan, pada hari pemungutan suara, pihaknya akan menyiagakan pasukan di lapangan, guna mengahdirkan suasana pemungutan suara yang kondusif.

“Begitu pula pada perhitungan suara, dengan durasi yang panjang kita akan meminta kepada seluruh jajaran untuk menjaga kesehatan, dan mengatur waktu, sehingga proses perhitungan nanti berjalan lancar,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai